banner 468x60

Desa Kamuh Jadi Desa Sadar Kerukunan Umat Beragama

  • Bagikan
banner 468x60
triggernetmedia.com – Desa Kamuh, Kecamatan Tujuh Belas menjadi satu-satunya dari 122 desa di Kabupaten Bengkayang yang ditetapkan menjadi Pilot Project Desa Kerukunan Umat Beragama dan satu dari 4 Desa/Kelurahan di Kalbar.
“Penetapan Desa Kamuh tersebut sesuai dengan usulan Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang bersama FKUB setempat dan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Nomor 510 Tahun 2019 Tanggal 20 Maret 2019,” kata Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bengkayang, Hendrikus Klemen, Jum’at (6/9).
Peresmiannya, lanjut Hendrikus, direncanakan pada 17 September 2019 yang akan ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pemkab Bengkayang dan Kanwil Kemenag beserta FKUB Bengkayang.
“Program Desa Sadar Kerukunan merupakan Salah satu program unggulan Kementerian Agama Republik Indonesia yang dilaksanakan didaerah. Hal ini bertujuan menjadi penggerak kerukunan di lingkungan masyarakat sekitarnya untuk mengimplementasikan keberagaman dan melestarikan kerukunan yang mereka miliki,” ujar Hendrikus.
Sejak digulirkan di Tahun 2017, Desa Sadar Kerukunan menjadi salah satu icon program kebanggaan Kementerian Agama dalam program Kerukunan Umat Beragama.
Ditahun 2019 ini, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat mendapatkan 4 (empat) alokasi desa yang ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan.
Salah satu dari keempat desa tersebut, adalah Desa Kamuh Kecamatan Tujuh Belas Kabupaten Bengkayang. Penetapan desa tersebut merupakan usulan yang ditetapkan oleh Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang bersama FKUB setempat dan dituangkan dalam Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Nomor 510 Tahun 2019 Tanggal 20 Maret 2019.
Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Yakobus, menyambut baik rencana kegiatan ini dan diharapkan dapat menginspirasi desa-desa lain, baik yang ada di Kabupaten Bengkayang dan Kalbar guna menciptakan suasana harmonis dan
“Kerukunan yang ditunjukkan warga Desa Kamuh dan tiga desa lainnya diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain,” katanya.
Yakobus meminta panitia setempat menyiapkan proses peresmian dan Pemda Bengkayang turut memfasilitasi sehingga dapat berjalan sukses.
Doe I Ariz
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *