Antisipasi Penyakit ISPA, Puskesmas Semata Bagikan Masker Gratis ke Masyarakat

  • Bagikan
banner 468x60

triggernetmedia.com – Puskesmas Semata di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, membagikan masker gratis bagi pengendara yang melintas di depan Puskesmas Semata, Jum’at (06/09).

“Pembagian masker gratis guna mengantisipasi dan menekan terjadinya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut atau ISPA di masyarakat, yang rentan terdampak kabut asap karhutla,” ujar Kepala Puskesmas Semata Pipiyanti.

Puskesmas Semata di Kabupaten Landak membagikan masker gratis untuk masyarakat sekitar agar tidak menderits penyakit ISPA akibat terdampak asap Karhutla.

Menurutnya, pembagian masker secara cuma-cuma itu dilakukan sejak Jum’at pagi, yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB.

“Ini merupakan inisiatif dari Puskesmas Semata, diperuntukkan bagi warga sekitar, sekolah dan pengguna jalan,” jelasnya.

Pipiyanti menuturkan, saat ini kondisi kabut asap, khususnya beberapa hari terakhir semakin pekat. Kondisi tersebut sangat dikhawatirkan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat, yang rentan penyakit ISPA.

Baca juga  Bantu Pasarkan Beras Landak, Karolin Apresiasi Dukungan Dinas Pertanian TPH Kalbar

“Meskipun untuk saat ini belum ada instruksi khusus, tapi hal ini tetap kita laksanakan dan kegiatan ini juga rutin setiap tahun kita buat setiap ada kabut asap,” kata Pipiyanti.

Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa menyatakan sangat mendukung atas inisiatif Puskesmas Semata yang telah melakukan pembagian masker bagi warga sekitar. Dirinya meminta hal tersebut juga didukung oleh Dinas Kesehatan.

“Hal serupa dapat dilaksanakan juga oleh Puskesmas yang ada di Kabupaten Landak, termasuk pihak-pihak terkait yang peduli akan lingkungan dan masyarakat kita,” imbau Karolin.

Baca juga  Bupati Landak minta Penerima BLT Tidak Diwakilkan

Bupati Karolin mengatakan, bahwa apa yang telah dilakukan oleh Pihak Puskesmas Semata, perlu kita apresiasi dan perlu didukung Dinas terkait.

“Selain itu, Pemkab Landak ingin Puskesmas lainnya melaksanakan kegiatan serupa bagi warga sekitar mengingat kabut asap dalam beberapa hari ini meningkat,” kata Karolin menambahkan.

Dalam sepekan terakhir, kabut asap khususnya di Kota Ngabang terpantau meningkat. Namun, sejauh ini belum diketahui darimana sumber kabut asap itu. Dinas terkait belum dapat menyimpulkan apakah kabut asap merupakan kiriman dari daerah lain, atau memang karena adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Landak.

Ariz

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *