Suksesi Pilkada 2020, PDIP Melawi Tunggu Arahan DPP

  • Bagikan
banner 468x60

triggernetmedia.com – Sukses mengantarkan pasangan Panji-Dadi dalam Pilkada Melawi 2015 lalu merupakan kenangan indah bagi kader kader PDI Perjuangan Kabupaten Melawi, sekaligus pengalaman pahit.

“Tentu ada sedikit kecewa karena ternyata bupati yang kami usung justru keluar dari rumah besar PDI Perjuangan ke Partai NasDem,” ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan Melawi, Kluisen, Jum’at (23/8).

“Tapi itulah politik, sifatnya dinamis. Hari ini kawan besok bisa jadi lawan,” timpal Kluisen.

Meski demikian, kata Kluisen, para kader PDI Perjuangan tidak mau larut dalam rasa kekecewaan yang mendalam. Justru saat ini mereka lebih siap untuk bangkit memenangkan Pilkada Melawi 2020 mendatang.

“Memang pengalaman adalah guru yang paling beharga,” ujar anggota DPRD Melawi itu.

Menurut Kluisen, Pihak DPP sudah menekankan dan memerintahkan kepada DPC PDIP Melawi untuk menargetkan menang walaupun berkoalisi dengan partai politik lainnya pada Pilkada 2020.
Baik itu maju dari kader PDIP sendiri atau luar kader, yang di usung harus menang.

Baca juga  Pemkab Landak Dorong Pemdes Terapkan Prinsip Akuntabilitas Melalui Bimtek Penyusunan APBDes

Ketika ditanya apakah PDI Perjuangan akan kembali berkoalisi bersama Partai Nasdem dalam mengusung calon Bupati pada Pilkada Melawi 2020 seperti saat Pilkada Melawi 2015 lalu?,

Kluisen mengaku masih menunggu arahan DPP.

“Kita lihat saja nanti, dan yang jelas kami masih menunggu arahan dari DPP,” jawabnya singkat.

Berdasarkan hasil Pileg 2019, PDI Perjuangan Melawi memperoleh empat kursi di DPRD Melawi.

Artinya, PDI Perjuangan juga berpeluang besar untuk mengusung calon Bupati.

Namun, PDI Perjuangan Melawi tentunya harus melakukan koalisi dengan Parpol lain untuk memenuhi syarat agar dapat mengusung bakal calon.

Hal senada juga diungkapkan Wasekjen DPD PDI Perjuangan Kalbar, Malin.

Baca juga  Ke Kalsel, Jokowi akan Resmikan Bendungan Tapin

Menurutnya, hingga saat ini secara internal PDI Perjuangan belum ada memberikan rekomendasi kepada siapapun terkait Pilkada Melawi.

“Belum ada arahan dan rekomendasi dari DPP, siapa yang akan diusung nanti. Proses rekrutmen juga belum di mulai,” jelasnya.

Ditanya, apakah PDI Perjuangan ada kemungkinan berkoalisi dengan PAN, saat Pilkada Melawi 2020 ?

Anggota DPRD Melawi ini menjelaskan, bahwa PDI Perjuangan sebagai partai ideologi, terbuka pada semua partai yang lain di Republik Indonesia.

“Politik itu kan dinamis, lentur dan kompromi. Jika ada kesamaan visi misi dan program yang jelas untuk rakyat.  Kemungkinan berkoalisi dengan siapapun selalu ada dan terbuka, tentu berproses,” pungkas mantan Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Melawi itu.

 

Dea I Ariz

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *