Polres Mempawah intensifkan Patroli cegah Karhutla

Trigger Netmedia - 19 Juli 2019
Polres Mempawah intensifkan Patroli cegah Karhutla
 - ()

triggernetmedia.com – Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso SIK mengimbau masyarakat berperan aktif dalam mencegah dan menangulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Curah hujan yang rendah saat ini dikhawatirkan dapat memicu terbakarnya hutan dan lahan. Mengingat sejumlah wilayah di Kabupaten Mempawah merupakan lahan gambut,” kata Kapolres melalui Kasat Sabhara Iptu Gatot Poerwanto, Jum’at.

Saat ini, ujar Iptu Gatot, Kapolres juga menekankan jajaran secara intensif melakukan Patroli. Sekaligus menyampaikan imbauan pentingnya mencegah karhutla.

“Giat patroli pencegahan karhutla ini melibatkan unit damkar mini Satuan Sabhara Polres Mempawah. Sejak Kamis 18 Juli 2019 ini kita lakukan mulai pukul 09.00 wib hingga 12.15 wib,” ujarnya.

Baca juga  Penyidik Senior KPK Novel Baswedan Positif Corona

Iptu Gatot Perwanto menambahkan, Patroli karhutla sebelumnya direncanakan dengan pemetaan wilayah rawan. Jalan Raden Kusno, jalan Pangsuma, jalan Desa Tekam dan jalan Moton panjang jadi jalur lintas yang ditelusuri guna mengantisipasi terjadinya karhutla.

“Dalam Patroli ini kita terus imbau kepada masyarakat pentingnya pencegahan dan penanggulangan Karhutla. Mengingat memang saat ini aktifitas masyarakat sedang memasuki musim tanam, tentu mereka biasanya akan membuka lahan, baik dipermukiman penduduk maupun areal pertanian lain, kita tekankan jangan dengan cara membakar,” jelasnya.

Hingga Jum’at siang Patroli Satuan Sabhara Polres Mempawah terus memantau aktifitas masyarakat yang menggarap lahan pertanian. Patroli Sat Sabhara bahkan menemukan warga di Desa Tekam, Kecamatan Mempawah Timur tengah memadamkan api di kebun Nanas.

Baca juga  Bupati Landak Dukung Mendikbud Ganti Sistem UN

“Lokasinya di Pal 13 Moton Panjang,” sebut Iptu Gatot Poerwanto.

Guna mencegah dan menanggulangi karhutla tidak meluas, seluruh Anggota Patroli yang bertugas dikerahkan untuk
membantu masyarakat di Moton Panjang.

“Pencegahan dan penanggulangan karhutlah di Pal 13 Moton Panjang berlangsung lancar. Tidak ada hal yang menonjol.
situasi Kamtibmas secara umum terkendali,” kata Kasat Sabhara Polres Mempawah, Iptu Gatot Poerwanto.

Pewarta : Ariz
Editor : Ariz

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X