KKR Usul Status Jalan Kabupaten Menjadi Jalan Provinsi

Trigger Netmedia - 20 Maret 2019
KKR Usul  Status Jalan Kabupaten Menjadi Jalan Provinsi
 - ()

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengajukan usulan peningkatan status jalan Kabupaten Kubu Raya menjadi jalan Provinsi Kalimantan Barat. Panjang jalan yang diusulkan mencapai 171,97 kilometer yang meliputi 14 ruas jalan di seluruh wilayah di Kabupaten Kubu Raya.

“Kalau konektivitas antara kota dan kabupaten tidak bagus dan lancar, maka tidak baik juga bagi provinsi. Karena Kubu Raya ini kan wajah depan Kalimantan Barat juga, dan lalu lintas dari kabupaten tetangga pun juga melalui Kubu Raya,” kata dia disela kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (20/3).

Bupati Muda Mahendrawan menerangkan pengajuan usulan tersebut terkait erat dengan misi Kabupaten Kubu Raya meningkatkan pelayanan publik yang mendasar dan perbaikan kualitas hidup rakyat.

Misi tersebut menurutnya selaras dengan misi Provinsi Kalimantan Barat yakni mewujudkan percepatan pembangunan infrastruktur.

“Usulan tersebut juga relevan dengan upaya percepatan mewujudkan desa mandiri yang menjadi salah satu target utama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat,” katanya.

Bupati Muda Mahendrawan menyebut ada 171,97 kilometer yang diusulkan. Hal itu sejalan keinginan gubernur untuk mewujudkan desa mandiri.

Baca juga  PLN Diminta Terapkan Aturan Periksa Listrik Pelanggan

“Maka desa-desa yang nanti status jalannya diubah akan lebih cepat progresnya menuju ke arah desa mandiri tersebut. Sudah tentu indeks pembangunan desa akan naik,” sebutnya.

Usulan tersebut diharapkan mendapat respons positif dari Pemprov Kalbar. meski dalam realisasinya dilakukan secara bertahap.

Bupati Muda Mahendrawan mengakui pengubahan status jalan dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi bukan perkara mudah. Bahkan, diperlukan serangkaian proses panjang sehingga memang tidak memungkinkan untuk diwujudkan sekaligus.

“Jika usulan ini diterima, kita harapkan pertahunnya ada dua ruas jalan yang diubah status. Setahun bisa dua atau tiga titik ruas jalan itu sudah sangat bagus. Memang tidak mungkin sekaligus membangunnya,” ujarnya.

Selaras dengan visi pembangunan saat ini, yakni mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui percepatan pembangunan infrastruktur dan perbaikan tata kelola pemerintahan Kubu Raya.

“Bahwa masyarakat sejahtera adalah masyarakat yang bahagia, dan masyarakat yang bahagia adalah masyarakat yang sejahtera,” sebut bupati Muda Mahendrawan.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, yang turut hadir dalam Musrenbang Kabupaten Kubu Raya iuu mengaku telah menerima usulan tersebut. Ia menyatakan akan ada pembahasan lebih lanjut terkait ruas jalan mana yang nantinya akan diambil menjadi jalan provinsi.

Baca juga  Pertama Dalam 2 Bulan, Jumlah Kematian Covid-19 Harian Iran Lampaui 100

“Mungkin jalan yang prioritas dulu kita ambil untuk menjadi jalan provinsi. Kemudian selanjutnya yang menjadi prioritas untuk pertumbuhan,” ujarnya.

Gubernur Sutarmidji menginginkan terjadi pertumbuhan ekonomi kawasan di Kabupaten kubu Raya. Hal itu sangat penting demi menopang Kota Pontianak yang disebutnya sudah penuh.

Ia pun mengungkapkan lebih cenderung mengarahkan penduduk di kabupaten itu untuk bermukim ke arah Kecamatan Sungai Kakap.

“Saya inginnya Kalimantan Barat maju. Jadi mari kita bangun semua, kita sinergi. Sepanjang memang ada dananya, kita bisa jalan,” katanya.

Gubernur Sutarmidji meminta jajaran Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk lebih sering turun ke lapangan. Sebab, hal tersebut penting dilakukan, agar aparatur pemerintah daerah mengetahui secara langsung kondisi riil di lapangan.

“Saya berharap ke depan kita lebih banyak turun ke lapangan. Camat, lurah, kepala desa, jangan sampai tahu kondisi lapangan dari media sosial,” pungkasnya.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X