Perpamsi Implementasikan Program Kemitraan PDAM Kalsel – Kabupaten Bengkayang

Trigger Netmedia - 27 Februari 2019
Perpamsi Implementasikan Program Kemitraan PDAM Kalsel – Kabupaten Bengkayang
 - ()

BENGKAYANG (triggernetmedia.com) – Kunjungan Program Solidaritas (PKS) Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) 2018-2019 antara PDAM Banjarmasih, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan PDAM Kabupaten Bengkayang berlangsung di hotel Lala Golden Bengkayang, pada Rabu ( 27/2). Kunjungan Diagnostik Program Kemitraan Solidaritas (PKS) itu berlangsung selama tiga hari.

Kemitraan Solidaritas adalah Konsep WOPs atau Water Operators’ Partnerships nasional yang dikembangkan Persatuan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) di Indonesia. Kemitraan Solidaritas guna membantu ”

“Peningkatan kinerja itu tersebut untuk peningkatan kinerja anggota disegala aspek, termasuk dalam rangka program penyehatan PDAM,” kata Direktur Eksekutif Perpamsi Jakarta, Amsori Mardiono.

Kemitraan Solidaritas Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia, jelas Amsori, adalah bersatu saling membantu, yaitu dengan mendorong peningkatan kinerja melalui mekanisme saling belajar diantara sesama Perusahaan Air Minum, serta membangun model kerjasama antara perusahaan air minum berlandaskan semangat solidaritas dan kebersamaan.

Baca juga  Bantuan Beras Bagi Korban Banjir di Kecamatan Menyuke

“Dimana Proses Kemitraan itu mencakup Indetifikasi, Inisiasi, Kesepakatan, Implementasi dan Replikasi. Platform WOPs nasional masih sangat langka. Oleh karena itu, Program Kemitraan Solidaritas PERPAMSI telah memperoleh pengakuan sebagai satu model WOPs nasional yang dapat ditiru oleh negara lain,” sebut Amsori Mardiono.

Lebih lanjut, dikatakan Perpamsi telah ditunjuk sebagai anggota International Steering Committee Global Water Operators Partnerships Alliance (GWOPA) UN-Habitat mewakili kawasan Asia untuk periode 2013-2017. Sehingga prinsip Kemitraan Solidaritas adalah Capacity building, Non-Profit, Nilai tambah hasil nyata, Komitmen bersama, Fleksibel sesuai kemampuan dan dapat diaplikasikan serta dikembangkan.

Baca juga  Kapasitas Laboratorium RS Untan Relatif Terbatas Lakukan Real Time PCR

Direktur PDAM Bengkayang, Barudin menyatakan, kunjungan Diagnostik Program Kemitraan Solidaritas Perpamsi 2018-2019 antara PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin, Kalsel dengan PDAM Kabupaten Bengkayang dalam rangka meningkatkan Kemajuan PDAM Bengkayang.

“Pada prinsipnya Kemitraan Solidaritas pertama non-profit atau keikhlasan untuk saling membantu, keterbukaan, menjawab kebutuhan, komitmen bersama sesuai dengan kemampuan. Yang kedua capacity building atau pembelajaran, knowledge management, transfer pengetahuan, keahlian, pengalaman, dan nilai nilai budaya kerja yang positif, partisipatif aktif, perbaikan berkelanjutan. Ketiga, hasil nyata yaitu dikerjakan langsung dengan pilot project, pelaksanaan Investasi, pendampingan dalam implementasi, Peningkatan pelayanan. Dan ke-empat replikasi atau dapat diserap dan di aplikasikan, ditiru dan diperluas, terbentuk komunitas praktisi dan forum diseminasi informasi,” jelas Barudin.

Pewarta : Doe
Editor : Dhesta

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X