Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Apresiasi Program TMMD

  • Bagikan
banner 468x60

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengapresiasi pelaksanaan program Tentara Nasional Indonesia Manunggal Membangun Desa (TMMD). Menurutnya, TMMD yang dilaksanakan sejak tahun 1980 silam telah banyak memberikan sumbangsih dalam pembangunan bangsa, khususnya di Kabupaten Kubu Raya.

“TMMD tidak semata-mata membangunkan sarana fisik bagi masyarakat desa, tetapi juga menjalin kemanunggalan antara TNI dengan rakyat,” kata Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus usai menghadiri Rapat Paripurna TMMD tingkat Nasional di GOR Ahmad Yani Markas Besar TNI Cilacap, Jakarta Timur, Rabu (5/12).

Hermanus menyebut TMMD juga sangat berperan dalam membangun semangat dan rasa percaya diri masyarakat. Sehingga mampu mengelola potensi yang dimiliki serta siap siaga dalam menghadapi ancaman dan tantangan. Karena itu, dirinya mengajak semua pihak bersama-sama menyukseskan setiap program pembangunan yang nyata-nyata mensejahterakan rakyat. Terlebih pembangunan desa tanpa meninggalkan kearifan lokal yang dimiliki.

Baca juga  Dua Milisi Palestina yang Kabur dari Penjara Israel Tertangkap

“TMMD ini dilakukan secara terintegrasi bersama rakyat. Penyelenggaraan TMMD selama ini selalu melalui proses perencanaan yang matang, dengan mengutamakan aspirasi dari bawah guna mewadahi kepentingan masyarakat di daerah sasaran secara komprehensif dan integral,” tuturnya.

TMMD yang dulu bernama ABRI Masuk Desa (AMD), kata Hermanus, dilakukan demi percepatan pembangunan di perdesaan. Pelaksanaan program diprioritaskan di tempat yang tergolong miskin, terisolasi/terpencil, daerah perbatasan, daerah kumuh perkotaan, dan daerah yang terkena dampak bencana.

“Ini bukanlah program TNI semata, melainkan program terpadu lintas sektoral antara TNI, kementerian/lembaga pemerintah nonkementerian, pemerintah daerah, dan komponen bangsa lainnya,” ucap dia.

Terkait kehadirannya di Rapat Paripurna TMMD Nasional di Mabes TNI, Hermanus menyebut paripurna merupakan bagian dari siklus manajemen TMMD. Di mana pada setiap akhir tahun anggaran dilaksanakan rapat paripurna untuk mengetahui sejauh mana hasil-hasil kegiatan yang telah dilaksanakan. Sekaligus menyampaikan rencana kegiatan TMMD di tahun yang akan datang.

Baca juga  Suksesi Pilkada 2020, PDIP Melawi Tunggu Arahan DPP

“Selama ini anggaran yang dikeluarkan oleh TNI cukup besar pada pelaksanaan TMMD di seluruh Indonesia, dan evaluasi tersebut tetap dilakukan secara terus-menerus,” jelasnya.

Inspektur Jenderal TNI, Letnan Jenderal Muhammad Herindra, mengatakan program TMMD adalah wujud nyata hadirnya TNI di tengah masyarakat guna mempercepat pembangunan suatu desa yang masuk kategori tertinggal. Dengan begitu, diharapkan taraf hidup dan kualitas suatu desa yang bermuara pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dapat meningkat.

“TMMD merupakan program bersama pemerintah yang bersama-sama memberikan kemudahan kepada masyarakat di desa. Program ini tentu harus melalui rencana yang matang agar tepat sasaran,” jelasnya.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *