banner 468x60

Rakor Sinergitas Penyidik Polri – PPNS Wujudkan Profesionalisme

Trigger Netmedia - 5 Desember 2018
Rakor Sinergitas Penyidik Polri – PPNS Wujudkan Profesionalisme
 - ()

BENGKAYANG (triggernetmedia.com) – Kepolisian Resort Bengkayang gelar rapat koordinasi dan sinergitas penyidik Polri dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Rakor dilakukan sebagai bentuk sinergitas dalam pelaksanaan tugas penyidik guna mewujudkan profesionalisme untuk mewujudkan kepastian hukum.

“Penyidik harus memahami tugasnya dengan baik, sehingga nantinya kita semua memiliki pemahaman yang sama dalam mengemban tugas penegakan hukum di instansi masing-masing,” kata Kabag Ops Polres Bengkayang, Kompol Paino, Rabu (5/12).

Dalam hal penyelidikan dan penyidikan, lanjut Kompol Paino, tidak hanya dilakukan oleh Polri. Namun PPNS juga dapat melakukan proses penyidikan.

Baca juga  Sempat Tercecer dari Lintasan, Maverick Vinales Kena Semprot Joan Mir

“Kita ketahui bersama bahwa munculnya PPNS sebagai institusi di luar Polri adalah untuk membantu tugas-tugas kepolisian melakukan penyidikan pada bidang tertentu dalam rangka penegakan hukum,” jelasnya.

Sementara, Hakim Pratama Madya
Pengadilan Negeri Bengkayang Heru Karyono mengatakan, mayoritas perkara yang dilimpahkan ke Kejaksaaan dan Pengadilan Negeri Bengkayang dilakukan oleh penyidik Polri.

“Mari kitas sama-sama berdiskusi apabila menemukan hal-hal yang menjadi kendala dalam proses penyidikan bisa menanyakan langsung kepada penyidik Polri ataupun sebaliknya, “ucapnya.

Baca juga  35 Investor Global Surati Indonesia: UU Cipta Kerja Merusak Lingkungan!

Kepala Bea Cukai Jagoi Babang, Zaeni Rachman menyatakan sinergitas antara penyidik dan penyidik pembantu tentu dapat memperkuat profesionalisme dan penegakan hukum.

“Diharapkan sinergitas Penyidik Polri dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil itu dapat berjalan baik di Kabupaten Bengkayang,” harapnya.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) dari berbagai instansi di wilayah Kabupaten Bengkayang. Hadir pula Kasatreskrim Polres Bengkayang, dan Kanit Reskrim Polsek Jajaran Polres Bengkayang.

Pewarta : Doe
Editor : Dhesta

banner 468x60

Tinggalkan Komentar

Greeting Pelantikan Bupati & Wakil Bupati Ketapang

Streaming triggernetmedia.com

Close Ads X