PMI Kubu Raya Bantu Warga Palu-Donggala

Trigger Netmedia - 2 November 2018
PMI Kubu Raya Bantu Warga Palu-Donggala
 - ()

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kubu Raya, Hermanus menyerahkan bantuan utuk korban bencana gempa bumi di Palu Daan Donggala. Bantuan uang senilai Rp 21.017.000 diserahkan melalui Wakil Ketua Bidang Relawan PMI Kalbar, Urai Titin Hiswari, di Markas PMI Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (2/11).

“Inilah sementara yang dapat kita lakukan. Ke depan sikap kepedulian harus terus ditingkatkan. Apabila ada musibah, meski kita tidak berharap itu terjadi, PMI sebagai sesama anak bangsa punya tugas untuk ikut meringankan beban yang dihadapi saudara-saudara kita,” kata Hermanus.

Hermanus menyatakan tugas PMI tidak sebatas fasilitasi kegiatan donor darah. PMI, menurutnya, punya tugas kemanusiaan yang lebih luas dari itu.

“Ketika terjadi bencana, PMI memiliki peran-peran lain yang bisa dikedepankan. Terkait penghimpunan bantuan untuk masyarakat yang terdampak bencana. PMI sudah seharusnya melibatkan sejumlah lembaga dan instansi lain untuk ikut berpartisipasi. Di antaranya berkoordinasi dengan dinas pendidikan kabupaten,” ujar Hermanus.

Baca juga  Bawaslu - Pol PP Ketapang Tertibkan ATK Caleg Parpol yang Tabrak Aturan

Hermanus menyebut, melalui Dinas Pendidikan dan organisasi PGRI misalnya, diharapkan dapat membantu PMI dalam hal krmanudiaan, termasuk di luar dari yang dihimpun PMI Kubu Raya.

“Jadi PGRI juga menghimpun dana dan itu sudah disalurkan. Bantuan PMI Kubu Raya diharapkan dapat membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Palu dan Donggala saat ini,” kata Hermanus.

Wakil Ketua Bidang Relawan PMI Kalimantan Barat, Urai Titin Hiswari, mengungkapkan di Kalimantan Barat hampir semua PMI kabupaten/kota telah menyalurkan bantuan. Ia menerangkan selain menyalurkan lewat PMI provinsi, ada PMI kabupaten/kota yang menyalurkan bantuan langsung melalui PMI pusat.

Baca juga  Pasal 46 UU Ciptaker Dihapus Gegara Salah Ketik, HNW: OMG, Makin Ruwet!

“Antusias masyarakat memberikan bantuan terbilang tinggi. Hal itu terbukti dengan banyaknya bantuan yang diamanahkan lewat PMI provinsi dari sejumlah organisasi dan lembaga,” kata Titin.

Titin menegaskan pihaknya masih menerima titipan bantuan hingga 20 Desember mendatang. Sebab, kegiatan penghimpunan masih berjalan sampai 31 Desember 2018.

“Tapi untuk kabupaten/kota kita batasi hingga tanggal 20-an Desember. Supaya kami bisa mengirim bantuan tersebut secara serempak. Terima kasih untuk PMI Kabupaten Kubu Raya. Insya Allah akan kami salurkan sesegera mungkin yang ini manfaatnya sudah sangat diharapkan oleh saudara-saudara kita di sana,” tuturnya.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Yulia Ramadhiyanti

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X