banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Tips Perawatan Kecantikan dari Pakar Agar Kulit Sehat dan Glowing Sambut Lebaran

Ilustrasi: Dengan perawatan dan pola makan yang tepat, kulit akan sehat dan glowing meski sedang puasa Ramadan. (Foto: Pexels/PNW Production)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Untuk mencegah kulit kering yang rentan dialami selama menjalani puasa, pakar kesehatan memberikan tips dan cara perawatan kecantikan yang tepat agar kulit tetap sehat dan glowing menyambut Hari Raya Idulfitri atau Lebaran. Seperti apa tipsnya? Mari simak ulasan lengkap berikut ini.

Tubuh manusia terdiri dari 60 persen air dan setiap sistem bergantung pada air, termasuk kulit. Ketika asupan cairan berkurang, tubuh menyerap kelembapan di kulit untuk memenuhi cairan tubuh sehingga bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering saat puasa.

Untuk mencegah kulit kering dan kusam saat puasa, dr. Prima Bachrul Alam MS GLOW Aesthetic Clinic memberikan tips dan cara menjaga kulit tetap sehat dan glowing selama menjalankan ibadah puasa Ramadan dan menyambut datangnya hari raya Idulfitri atau Lebaran.

“Saat puasa, tubuh memang bisa kekurangan cairan yang menyebabkan kurang terhidrasinya kulit yang menyebabkan kulit terasa kering dan akan melemahkan skin barrier pada kulit sehingga kulit menjadi sensitif dan mudah memerah,” jelasnya kepada wartawan saat intimate talkshow di Depok, belum lama ini.

Dengan perawatan yang tepat, sambung dr. Prima, akan didapat kulit sehat dan glowing saat berpuasa serta di hari Raya Idulfitri atau Lebaran.

Ilustrasi perawatan wajah (pexels.com/AndreaPiacquadio)
Ilustrasi ketahui ciri-ciri kulit dehidrasi. (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Ciri-ciri Kulit Dehidrasi

Lantas, seperti apa ciri-ciri kulit yang mengalami dehidrasi? Dokter Prima menuturkan bahwa kulit yang mengalami dehidrasi termasuk saat puasa Ramadan, di antaranya:

1. Kulit Kering dan Gatal
Menurunnya kelembapan kulit akibat dehidrasi bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal. Kondisi ini bisa membuat bakteri lebih mudah masuk ke dalam kulit.

2. Kulit Kusam
Kurangnya asupan cairan tubuh bisa membuat kulit tampak kusam. Tak hanya itu, kulit dehidrasi akibat kurang minum air juga dapat menimbulkan tanda-tandapenuaan dini, seperti kerutan.

3. Kulit Kurang Elastis
Elastisitas kulit bisa menurun jika lapisan terluar kulit tidak cukup mengandung air. Kondisi ini bisa membuat kulit terasa kasar.

Cara Mencegah Kulit Dehidrasi

Apa yang harus dilakukan untuk mencegah kulit dehidrasi, termasuk saat puasa? Dokter Prima menjelaskan bahwa cara yang paling efektif untuk menghindari kulit dari dehidrasi dengan memenuhi kebutuhan cairan.

“Setidaknya minum air putih 8 gelas per hari, saat buka puasa dan sahur,” jelasnya.

Tak hanya itu, dr. Prima juga menjelaskan beberapa cara lain untuk mencegah dan mengatasi kulit dehidrasi:

  • Mengurangi konsumsi minuman beralkohol atau minuman berkafein, seperti kopi dan teh.
  • Menghindari mandi dengan air panas karena dapat menghilangkan kelembapan kulit.
  • Menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.

“Selain itu, kita juga memerlukan produk skincare untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap glowing dan terjaga kelembapannya,” imbuhnya.

Ilustrasi perempuan melakukan rutinitas perawatan wajah (Envato Elements)
Ilustrasi perempuan melakukan rutinitas perawatan wajah agar sehat dan glowing. (Envato Elements)

Cara Tepat Perawatan Kulit dengan Produk Skincare

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari skincare, kata dr. Prima, perlu memerhatikan 4 urutan dalam mengaplikasikan skincare secara tepat.

Urutan basic dimulai dari double cleansing yaitu menggunakan facial wash dan toner, kemudian pelembab dan saat aktivitas menggunakan sunblock.

“Saat kita sudah terbiasa menggunakan skincare tersebut bisa ditambahkan dengan serum dan krim malam,” tambahnya.

Dokter Prima juga menganjurkan menggunakanhumidifieruntuk menjaga kelembapan kulit, terutama jika sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC atau di tempat yang memiliki kelembapan rendah, jika memungkinkan.

Sementara untuk perawatan dari dalam, ia menyarankan untuk mengonsumsi lebih banyakmakanan sehat untuk kulit, mulai dari ikan berlemak, alpukat, buah kiwi, wortel, bayam, hinggabiji rami.

Hal lain yang juga perlu diketahui, kata dr. Prima, kulit dehidrasi juga bisa terjadi karena kulit mengalami aging atau penuaan yang tidak bisa dihentikan namun bisa dihambat.

Dokter Prima Bachrul Alam berbagi tips dan cara perawatan kecantikan agar kulit sehat dan glowing selama Ramadan dan Hari Raya Idulfitri di acara intimate talkshow di MS GLOW Aesthetic Clinic Depok, Kamis (28/3/2024).
Dokter Prima Bachrul Alam berbagi tips dan cara perawatan kecantikan agar kulit sehat dan glowing selama Ramadan dan Hari Raya Idulfitri di acara intimate talkshow di MS GLOW Aesthetic Clinic Depok, Kamis (28/3/2024).

Tanda-tanda kulit mengalami aging atau penuaan, sambung dia, salah satunya dengan kelembaban kulit menjadi berkurang sehingga kulit akan terasa kering.

“Nah, dengan rajin melakukan treatment kulit wajah, proses aging atau penuaan bisa kita hambat dengan baik. Di klinik kami ada berbagai treatment yang bisa dijadikan andalan untuk mengatasi kondisi kulit yang kurang terhidrasi, antara lain dengan Silk Peel, Caviar, Oxygeneo, Meso Jet Peel, dan Skin Booster,” jelas dr. Prima.

Sementara itu Direktur Komersial 99 Corp. Amelia Nasution di kesempatan yang sama menjelaskan bahwa diskusi tentang kesehatan dan kecantikan masih menjadi topik favorit bagi masyarakat, khususnya di bulan puasa.

Kondisi kesehatan kulit menjadi hal yang disoroti utamanya dikaitkan dengan gaya hidup di bulan Ramadan dan kecenderungan masyarakat untuk tampil prima dan maksimal di saat Idul Fitri tiba.

“Derasnya arus informasi kadang menyisipkan hal-hal yang hoax atau keliru mengenai perawatan kulit yang harus diwaspadai. Oleh karena itu, kami ingin memberikan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat mengenai perawatan kulit yang benar dan aman,” tutupnya.

Sumber: Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *