banner 120x600

Manfaat Ceri untuk Kesehatan, Bisa Cegah Hipertensi dan Stroke

Ilustrasi buah ceri (Shutterstock)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Buah ceri dikenal sebagai buah yang sering digunakan untuk menghias kue. Ternyata buah ini kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tak heran, manfaat ceri pun sangat banyak.

Buah berwarna merah ini mengandung Vitamin B, Vitamin C, Vitamin K, Magnesium, Kalium, dan serat yang tinggi. Selain itu, ada kandungan senyawa aktif, salah satunya antioksidan yang baik untuk mencegah dari penyakit kronis.

Lantas, apa saja manfaat ceri yang baik dikonsumsi untuk kesehatan? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan terkait manfaat kesehatan buah ceri.

Ilustrasi buah ceri (Pixabay.com/stux)
Ilustrasi buah ceri (Pixabay.com/stux)

Menjaga berat badan

Kandungan serat dalam buah ceri mampu membantu menjaga dan menurunkan berat badan. Selain itu, buah ceri baik untuk kesehatan sistem pencernaan seperti kesehatan usus.

 

Baik untuk kesehatan kulit

Buah ceri mengandung Vitamin C yang mampu meningkatkan kesehatan kulit. Di sisi lain, ada kandungan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas.

 

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ceri mengandung senyawa flavonoid yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini juga berperan sebagai antioksidan yang akan melawan infeksi dan bisa menurunkan risiko penyakit kanker dan menghentikan kerusakan sel oleh karsinogen.

 

Mampu mengurangi risiko hipertensi dan stroke

Ceri mengandung kalium yang bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena hipertensi dan stroke. Selain itu, ada kandungan mineral yang mampu menjaga tekanan darah, menjaga kecukupan cairan tubuh, memulihkan otot, denyut jantung, hingga menyeimbangkan pH.

Ilustrasi Tidur (Pexels.com/Wiphop Sathrawirawong)
Ilustrasi Tidur (Pexels.com/Wiphop Sathrawirawong)

Melindungi tubuh dari peradangan

Kandungan senyawa aktif pada buah ceri dapat membantu melindungi tubuh dari enzim penyebab peradangan. Buah ceri bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan, salah satunya penyakit osteoarthritis.

 

Mengatasi insomnia

Buah berukuran kecil ini memiliki zat antiradang yang bisa membantu mengatasi insomnia. Menurut penelitian, jus ceri punya yang sama dengan obat tidur untuk mengatasi insomnia.

 

Meredakan batuk dan pilek

Ceri mengandung ekspektoran yang mampu meredakan gejala batuk, pilek, dan flu. Oleh karenanya, buah ini cocok untuk dikonsumsi saat musim pancaroba seperti saat ini.

Nah, itulah beberapa manfaat ceri yang perlu Anda ketahui. Dinukil dari laman suara.com.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *