banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Peringatan Hari KORPRI 29 November: Tema, Sejarah, dan Pedoman Perayaan

Logo Hari Korpri 2022
banner 120x600

triggernetmedia.com – Hari Korpri atau Korps Pegawai Republik Indonesia akan diperingati setiap tahunnya pada tanggal 29 November. Peringatan hari ulang tahun atau HUT Korpri yang jatuh pada Selasa 29 November 2022 besok ditetapkan berdasarkan hari lahirnya KORPRI sejak tahun 1971 silam. Ketahui pengertian, sejarah, tema dan pedoman perayaan Hari Korpri berikut.

 

Apa Itu KORPRI? 

Korpri merupakan singkatan dari Korps Pegawai Republik Indonesia. Korpri didirikan sebagai wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia. Korpri beranggotakan seluruh Pegawai Negeri Sipil, pegawai BUMN, BUMD dan juga anak perusahaan.

Korpri berdiri berdasarkan dengan Keputusan Presiden atau Keppres No. 82 Tahun 1971 tentang KORPRI kemudian diperkuat dengan Keppres No. 24 Tahun 2010 tentang Anggaran Dasar KORPRI.

 

Sejarah KORPRI 

Peringatan HUT Korpri sesuai dengan tanggal dibentuknya KORPRI tepatnya pada tanggal 29 November 1971. Hal ini ditetapkan berdasarkan Keppres Nomor 82 Tahun 1971 tentang Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI). Pembentukan Korpri ini dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.

Selama masa Orde Baru, Korpri pada saat itu dijadikan sebagai alat kekuasaan untuk melindungi pemerintah yang berkuasa. Akan tetapi sejak era reformasi, Korpri mulai berubah menjadi sebuah organisasi yang netral dan tidak berpihak terhadap partai politik tertentu.

Sebelumnya, latar belakang sejarah Korpri sebenarnya sangatlah panjang.pada masa penjajahan Belanda, banyak sekali pegawai pemerintah Hindia Belanda yang berasal dari kaum bumi putera. Namun kedudukan pegawai ini termasuk kelas terbawah.

Kemudian, pada saat peralihan kekuasaan pemerintah Belanda kepada Jepang, secara otomatis semua pegawai pemerintah Hindia Belanda dipekerjakan oleh Jepang sebagai pegawai pemerintah. Nasib mereka jauh lebih sulit dari pada sebelumnya.

Menyitat suara.com, beberapa tahun kemudian Indonesia mengumumkan kemerdekaanya dari Jepang dan berdirilah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Lalu secara otomatis seluruh pegawai pemerintah Jepang dijadikan sebagai Pegawai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selesai pengakuan kedaulatan RI pada tanggal tanggal 27 Desember 1949, seluruh pegawai RI, pegawai RI non Kolaborator, dan juga pegawai pemerintahan Belanda dijadikan sebagai Pegawai RI Serikat. Hingga akhirnya pada tanggal 29 November 1971, Korpri resmi berdiri berdasarkan Keppres No. 82 Tahun 1971 tentang KORPRI yang ditetapkan Presiden RI Soeharto.

 

Tema HUT KORPRI 2022

Di tahun ini, HUT KORPRI 2022 jatuh pada Selasa 29 November 2022. HUT KORPRI tahun ini merupakan peringatann yang ke-51 tahun. Dalam rangka memperingati hari jadi ke-51 Korpri, pemerintah telah merilis tema peringatannya.

Melansir situs resminya, hari Korpri 2022 mengusung tema “KORPRI Melayani, Berkontribusi, dan Berinovasi untuk Negeri”. Tema tersebut memiliki makna harapan anggota KORPRI untuk tetap bersemangat dalam bekerja dan juga berkontribusi falam melayani kepentingan publik. Serta mewujudkan fungsinya sebagai perekat atau pemersatu bangsa untuk prasyarat pembangunan nasional.

Pedoman Kegiatan Perayaan Hari KORPRI 2022 

Sesuai dengan Surat Edaran (SE) terbaru Korpri, rangkaian kegiatan HUT ke-51 Korpri tahun 2022 meliputi:

• Kegiatan doa untuk bangsa dan juga upacara bendera pada Selasa, 29 November 2022

• Kegiatan bakti sosial terutama donor darah serta pemberian bantuan sosial kepada masyarakat

• Kegiatan olahraga dengan tema HUT KORPRI 2022

• Kegiatan rohani, pertemuan ilmiah serta berbagai perlombaan.

Pedoman Tata Upacara Hari KORPRI 2022 

Melansir Surat Edaran (SE) Kemdikbud terbaru tentang Pedoman Peringatan HUT ke-51 KORPRI Tahun 2022 diungkapkan bahwa pelaksanaan Upacara Hari KORPRI 2022 dapat diselenggarakan secara luring dan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Berikut ini informasi teknisnya:

• Kegiatan, Upacara Hari KORPRI 2022

• Hari, Tanggal, Selasa, 29 November 2022

• Waktu, pukul 08.00 WIB

• Tempat, di kantor Kemendikbudristek di Senayan, Jakarta Pusat

• Dress code: seragam KORPRI lengkap.

Bagi unit kerja yang berada di luar kantor pusat dan instansi di daerah diimbau untuk ikut melaksanakan upacara bendera HUT ke-51 KORPRI tahun 2022 secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan mengenakan seragam KORPRI lengkap.

Untuk ikut berpartisipasi dalam peringatan HUT ke-51 KORPRI tahun 2022, tema dan juga logo HUT KORPRI 2022 dapat digunakan untuk menyemarakkan peringatannya.

Itulah tadi ulasan mengenai pengertian, sejarah, tema dan pedoman perayaan Hari Korpri. HUT ke-51 Korpri 2022, akan diperingati Selasa, 29 November 2022 besok. Mari memeriahkan peristiwa penting bangsa Indonesia ini dengan ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan pemerintah.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *