banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Sehari Mengajar Bersama Kemenkeu, Selamanya Memberi Arti

Potret Gerakan Kemenkeu RI Mengajar di Kabupaten Ketapang.
banner 120x600
banner 468x60

triggernetmedia.com – Bertepatan dengan HUT PGRI dan peringatan Hari Guru ke-77 tahun, Kementerian Keuangan Lingkup Kabupaten Ketapang, meliputi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ketapang, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Ketapang, serta Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Ketapang, menyelenggarakan kegiatan Kementerian Keuangan Mengajar (KM) 7 dengan melibatkan dua sekolah kolaborator, yaitu SD N 14 Delta Pawan dan SMP N 7 Ketapang.

Kegiatan Kemenkeu Mengajar ini menjadi bagian dari rangkaian Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia (ORI) ke-76 dan Hari Anti Korupsi Sedunia, yang diselenggarakan secara serentak di 101 kabupaten dan kota di Indonesia, di 37 provinsi dengan melibatkan 225 sekolah.

Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan mengajar satu hari yang dilakukan oleh pegawai Kementerian Keuangan dengan memberikan pembelajaran kepada siswa/I bagaimana peran Kementerian Keuangan dalam upaya menjaga ekonomi negeri, serta memperkenalkan profesi, nilai-nilai kebaikan, dan semangat yang ada di Kementerian Keuangan. Kegiatan ini dilaksanakan secara sukarela dan tanpa membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sebelumnya, Kemenkeu Mengajar telah diselenggarakan selama 6 (enam) tahun berturut-turut terhitung sejak tahun 2016, dengan diikuti lebih dari 100.000 siswa di seluruh Provinsi Indonesia, serta lebih dari 10.000 relawan pejabat/pegawai dari seluruh unit Eselon I Kemenkeu turut berpartisipasi dalam penyelenggaraan KM1 sampai dengan KM6.

Baca juga  Peringatan Hari Guru Nasional dan HUT ke-74 PGRI

Kepala KPPN Ketapang, Ismail, dalam sambutannya di SD N 14 Delta Pawan menyampaikan bahwa kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk bakti dan pengabdian insan Kementerian Keuangan kepada masyarakat, khususnya di dunia pendidikan.

“Nantinya adik-adik akan menerima beberapa materi terkait Peran Kementerian Keuangan dalam mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN); peran APBN dalam dunia pendidikan masa kini; Pengenalan profesi yang ada di Kementerian Keuangan; serta Cerita inspirasi untuk menjaga semangat belajar adik-adik sekalian,” jelasnya kepada siswa kelas 4 dan 5 peserta kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 Ketapang.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Ketapang, Edral Yulvan, memberikan sambutan sebagai perwakilan Kementerian Keuangan pada kegiatan Kemenkeu Mengajar 7 di SMP N 7 Ketapang.

Edral menyampaikan bahwa pendidikan adalah salah satu alat paling kuat untuk modal hidup yang kita punya.

“Selama menempuh pendidikan kita juga akan belajar berinteraksi dengan banyak orang yang berbeda, untuk bertukar ide, pengetahuan, praktik-praktik yang baik. Dengan begitu kita juga bisa hidup dalam harmoni dan membentuk masyarakat yang lebih baik,” ujarnya.

Staff Ahli Bupati Ketapang bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Joko Prastowo, membuka kegiatan Kemenkeu Mengajar di SMP N 7 Ketapang, sekaligus menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat berkontribusi dalam pembangunan human capital yang mendorong peningkatan pengetahuan, keahlian, kemampuan, dan keterampilan siswa-siswi semua.

Baca juga  Logo Hari Guru Nasional 2021: Makna dan Link Download

Melalui kegiatan KM ini juga siswa dapat memahami sebuah cakrawala baru tentang bagaimana negeri ini mengelola perekonomian untuk mencapai tujuan negara, tentunya dengan pendekatan-pendekatan yang mengasyikkan.

Adik-adik tampak antusias sekali mengikuti gerakan flash mob dan kegiatan belajar mengajar di kelas bersama relawan Kemenkeu Mengajar 7 Ketapang.

Setelah mendapat keseruan belajar di kelas, adik-adik diajak bernyanyi bersama lagu ‘Aku Bisa’ sebagai penyemangat untuk adik-adik yang dalam waktu dekat sudah harus mengikuti ujian akhir semester.

Kegiatan ditutup dengan menerbangkan pesawat kertas oleh adik-adik, berisi cita-cita yang ingin digapai di masa depan. Mereka menerbangkannya setinggi dan sejauh mungkin, diharapkan dapat menjadi pengingat dan semangat mereka untuk menggapai cita-cita setinggi langit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.