banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Berikut Artis Non-Muslim Bisa Baca Alquran, Ada yang Akhirnya Jadi Mualaf

Amanda Manopo berhijab. [Instagram]
banner 120x600

triggernetmedia.com – Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, agama, dan budaya. Begitu juga dunia hiburan, para artis pun menganut keyakinan yang berbeda. Islam yang merupakan agama mayoritas di Indonesia membuat beberapa artis harus menyesuaikan diri demi peran apabila mendapatkan karakter seorang muslim. Tak ayal sebagian dari mereka bisa membaca Alquran meski non muslim.

Siapa saja artis non-muslim yang bisa baca Alqur’an? Simak ceritanya berikut ini, seperti dinukil dari suara.com.

1. Celine Evangelista

Celine Evangelista berhijab. [Instagram]
Celine Evangelista berhijab. [Instagram]

Rumor Celine Evangelista menjadi mualaf memang kerap berembus. Pasalnya, Celine yang menganut agama Katolik tak ragu menunjukkan penampilannya dengan hijab. Rupanya penampilan tersebut karena Celine tumbuh di keluarga muslim.

Kakek Celine Evangelista merupakan tokoh pejuang muslim ternama di Sulawesi Selatan, almarhum Fadeli Luran. Celine yang tumbuh dalam lingkungan muslim membuatnya juga sempat mempelajari Alquran. Celine yang belajar di sekolah Islam pun masih menghafal surah Al-Fatihah.

2. Amanda Manopo

Amanda Manopo berhijab. [Instagram]
Amanda Manopo berhijab. [Instagram]

Amanda Manopo kerap memerankan perempuan muslim di berbagai sinetron, salah satunya Andin di “Ikatan Cinta”. Amanda harus bisa membaca Alquran untuk mendalami peran Andin yang diceritakan sebagai sosok religius. Amanda juga melakukan adegan salat seperti muslim pada umumnya.

Totalitas Amanda Manopo dalam berperan sebagai seorang muslim bahkan ditunjukkan melalui media sosial. Mantan kekasih Billy Syahputra tersebut sempat membagikan potret salat hingga mengutip ayat Alquran. Namun unggahan tersebut telah dihapus karena beberapa orang menganggapnya mempermainkan agama.

3. Samuel Zylgwyn

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Al-Quran (sinemart.com)
Artis Non Muslim yang Bisa Baca Al-Quran (sinemart.com)

Sama seperti Amanda Manopo, Samuel Zylgwyn juga belajar mengaji untuk kepentingan sinetron. Samuel sampai belajar dari guru ngaji secara langsung demi bisa menghafal doa dan surah Alquran. Totalitas Samuel kala itu untuk peran sebagai Jaka di sinetron “Berkah”.

4. Chicco Jerikho

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Al-Quran (Twitter/@cjerikho829)
Artis Non Muslim yang Bisa Baca Al-Quran (Twitter/@cjerikho829)

Begitu pula Chicco Jerikho untuk perannya di film “Seputih Cinta Melati” yang diarahkan Ari Sihasale. Peran Chicco sebagai Ivan membuatnya harus menghafal surah Alquran. Suami Putri Marino tersebut rupanya butuh waktu satu bulan untuk menghafal Al-Fatihah. Chicco amat serius berlatih dan menghafal agar tidak salah melafalkan bacaan Alquran.

5. Jessica Mila

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Alquran (Instagram/@mengejarsurgamovie)
Artis Non Muslim yang Bisa Baca Alquran (Instagram/@mengejarsurgamovie)

Selanjutnya ada Jessica Mila yang belajar membaca Alquran saat terlibat di film religi “Mengejar Surga”. Peran Jessica Mila sebagai wanita muslim bernama Atiqah membuatnya tampil berhijab. Di luar waktu syuting, ia berusaha belajar membaca Alquran dan melafalkan kata-kata dalam bahasa Arab. Mila juga belajar dari teman-temannya yang beragama Islam.

6. Felicya Angelista

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Alquran (Instagram/@duniaterbalik.mncp)
Artis Non Muslim yang Bisa Baca Alquran (Instagram/@duniaterbalik.mncp)

Felicya Angelista dikenal sebagai penganut Kristen yang taat. Namun untuk perannya sebagai remaja muslim bernama Tuti di sinetron “Dunia Terbalik”, Felicya tampil mengenakan hijab dan melakoni adegan salat serta mengaji. Hal itu tak masalah bagi Felicya meski dirinya bahkan sudah dibaptis di Sungai Yordan, Israel.

7. Titi DJ

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Alquran (Instagram/@ti2dj)
Artis Non Muslim yang Bisa Baca Alquran (Instagram/@ti2dj)

Titi DJ diketahui lahir di keluarga non muslim. Namun sejak masih sekolah, Titi DJ hafal surah Al-Fatihah lho! Itu karena ibu Stephanie Poetri ini enggan keluar kelas saat pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kini Titi DJ sudah menjadi mualaf, tepatnya sebelum menikah dengan Bucek Depp. Keinginan untuk menjadi mualaf ditegaskan karena keinginan Titi DJ pribadi.

8. Shandy Aulia

Artis Non Muslim yang Bisa Baca Alquran (Instagram/@shandyaulia)
Artis Non Muslim yang Bisa Baca Alquran (Instagram/@shandyaulia)

Shandy Aulia besar di keluarga yang menganut beda agama. Sang ayah beragama Islam seperti tiga kakaknya, sedangkan Shandy sama seperti ibunya yang menjadi umat Kristen. Saat kecil, Shandy bisa dibilang menganut dua agama sampai akhirnya memutuskan meyakini Kristen di usia 15 tahun.

Semasa anak-anak, Shandy Aulia mengaku pernah mempelajari agama Islam dan menjalankan ibadah salat. Otomatis Shandy sudah mulai mengenal bacaan salat dan surah di Alquran. Shandy mengaku akhirnya memilih agama Kristen karena pengalaman imannya sendiri.

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *