banner 120x600 banner 120x600

Menu Buka Puasa Khas Turki, Ada Baklava hingga Sup Tarhana yang Menggugah Selera

Baklava. (Shutterstock)
banner 468x60

triggernetmedia.com – Sebagai salah satu negara yang sebagian besar warganya memeluk agama Islam, tidak heran jika Turki menjadi salah satu negara rujukan untuk mencari menu buka puasa.

Bagi penggemar olahan dagingmakanan khas Turki tidak mungkin mengecewakan. Mulai dari daging domba, sapi, kerbau, sampai unta biasa digunakan sebagai bahan dasar sebagian besar makanan di sana.

Berikut 6 menu buka puasa khas Turki yang patut Anda coba. Dinukil dari laman suara.com.

1. Dolma

Sekilas, menu buka puasa khas Turki ini akan mengingatkan kita dengan lemper karena sama-sama terbungkus daun daun berisi daging. Bedanya, dolma terbuat dari nasi yang berisi cincangan daging domba dengan terong, paprika, kol, tomat, dan bumbu rempah.

Meski berukuran kecil, dolma memiliki komposisi bahan yang pas untuk berbuka.

2. Baklava

Sebagai pelengkap, baklava biasa diberi taburan pistachio. Makanan satu ini paling cocok disantap saat masih hangat.

Baca juga  Turki Kecam Keras Politisi Belanda yang Serukan Ujaran Anti-Islam

3. Sup Tarhana

Menyantap sup hangat sebagai menu buka puasa memang tidak pernah salah. Jika kamu mulai bosan dengan sup yang begitu-begitu saja, cobalah mencicipi sup tarhana dari Turki.

Sup satu ini terbuat dari campuran yoghurt dan gandum dengan tambahan air, kaldu, dan susu.

Sebagai pelengkap, biasa ditambahkan sayuran. Beberapa restoran otentik di Turki biasa memfermentasi sup terlebih dahulu sebelum disajikan.

4. Kofte

Jika dilihat dari bentuknya, makanan satu ini akan terlihat mirip dengan perkedel. Bedanya, kofte terbuat dengan bahan dasar daging sapi yang diolah menggunakan berbagai jenis rempah.

Baca juga  Kiprah Santri Dalam Sejarah Perjalanan Bangsa

Saat digunakan untuk berbuka puasa, kofte biasa disantap dengan nasi, lengkap dengan salad dan saus.

5. Kavurma

Menu buka puasa khas Turki selanjutnya adalah Kavurma. Makanan satu ini terbuat dari potongan-potongan kecil daging domba atau sapi yang ditumis dengan bawang.

Kandungan lemak pada kavurma tergolong kecil karena daging dimasak sampai kering. Selain memasak sendiri, kamu juga bisa mencicipi kavurma versi kalengan yang telah diawetkan.

6. Pastirma

Protein daging menjadi salah satu ciri khas dari menu buka puasa khas Turki. Kali ini, ada daging berbasis kering yang disebut Pastirma.

Olahan daging satu ini sudah dikenal sejak era Kesultanan Ottoman. Selain terbuat dari daging sapi, pastirma juga ada dalam varian daging domba, kerbau, hingga unta.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.