banner 120x600 banner 120x600

Amalan 10 Hari Pertama Puasa Ramadhan

Apa Saja Amalan 10 Hari Pertama Puasa? Fase Terberat Berpuasa Diisi dengan Banyak Baca Al Quran hingga Dzikir - Amalan 10 Hari Pertama Puasa, ilustrasi baca Al quran (Pexels/Alena Darmel)
banner 468x60

triggernetmedia.com – Amalan 10 hari pertama puasa Ramadhan wajib diketahui oleh setiap umat muslim. 10 hari pertama puasa dikenal dengan fase terberat berpuasa, pasalnya umat muslim masih dalam tahap beradaptasi untuk tidak makan dan minum sepanjang hari.

Dikarenakan fase beratnya puasa, adapun keutamaan besar bagi seseorang untuk memaksimalkan ibadahnya. Lalu apa saja amalan 10 hari pertama puasa Ramadhan ini?

Amalan 10 hari pertama puasa Ramadhan dianjurkan untuk dikerjakan umat muslim seperti membaca Al-Quran, memperbanyak shalat sunnah, memperbanyak dzikir dan berdoa secara rutin. Allah SWT senantiasa membuka pintu rahmat-Nya kepada setiap hamba yang rajib beribadah di awal bulan Ramadhan.

Hal ini sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam hadist riwayat Abu Hurairah. Rasulullah SAW bersabda, “Awal bulan Ramadan adalah Rahmat, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka)”.

Baca juga  Fadli Zon Salahkan Admin Terkait Like Video Porno di Twitter

Berikut ini amalan 10 hari pertama puasa yang dianjurkan untuk dikerjakan setiap umat muslim. Dinukil dari laman suara.com.

1. Memperbanyak ibadah sunnah

Amalan 10 hari pertama puasa dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunnah seperti sholat sunnah semata-mata untuk mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

10 hari pertama puasa dianjurkan juga untuk memperbanyak membaca Al-Quran baik pagi, siang, sore dan malam. Membaca Al-Quran bertujuan untuk mendapatkan ketenangan hati bagi setiap umat muslim yang membacanya.

Allah SWT bersabda dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 185 mengenai keutamaan membaca Al-Quran pada bulan Ramadhan.

“Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadan adalah tadarus Al-Quran. Tadarus Al-Quran berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadan.” (QS. Al Baqarah ayat 185).

Baca juga  RKPD Kapuas Hulu, Wagub Kalbar: Tingkatkan IPM dan Pemulihan Ekonomi

3. Berdzikir dan Berdoa

Dzikir merupakan salah satu ibadah yang dapat dilakukan kapan dan dimanapun. Dzikir menjadi wujud untuk mengingat dan lebih dekat dengan Allah SWT.

Sementara itu, bulan Ramadhan menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. Berdoa dapat dapat dipanjatkan ketika adzan berkumandang, saat sahur, dan saat malam lailatul qadar.

4. Melaksanakan shalat berjamaah

Shalat berjamaah pada bulan Ramadhan menjadi sebuah keutamaan yang dianjurkan untuk dikerjakan terutama bagi kaum laki-laki. Shalat berjamaah di masjid menjadi salah satu cara untuk bersilaturahmi dan menjaga hubungan baik. Rasulullah SAW pun tidak pernah meninggalkan satu pun shalat berjamaah meski dalam keadaan sakit maupun cuaca buruk.

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.