banner 120x600

Catat Jadwal Ramadhan 2022 Selengkapnya

Ilustrasi ramadhan, ramadhan 2022 tanggal berapa (freepik)
banner 120x600

triggernetmedia.com – Bagi umat muslim, bulan Ramadhan menjadi moment yang selalu dirindukan. Di bulan Ramadhan, ada banyak ibadah dengan pahala yang mengalir deras bagi yang menjalankannya. Lantas, Ramadhan 2022 berapa hari lagi?

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa dan penuh barokah. Pada bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Setelah menjalankan ibadah puasa penuh selama sebulan, umat Islam akan merayakan Hari Kemenangam atau Hari Raya Idul Fitri. Tak heran banyak orang menantikan Ramadhan 2022 berapa hari lagi.

Kira-kira Ramadhan 2022 berapa hari lagi?  Untuk selengkapnya, simak berikut ini jadwal lengkapnya yang dilansir dari berbagai sumber.

Jadwal Ramadhan 2022

Mengenai jadwal Ramadhan 2022, pemerintah belum menetapkannya secara pasti tanggal 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada tanggal berapa dalam perhitungan kalender masehi. Meski demikian, beberapa ormas Islam telah menerbitkan jadwal perkiraan Ramadhan 2022.

Adapun salah satunya dari ormas Islam Majelis Tarjih & Tajdid PP Muhammadiyah. Menurut perkiraan kalender tersebut,  jadwal ibadah puasa Ramadhan 2022 dimulai pada  2 April 2022.

Untuk hari terkahir Ramadhan atau tanggal 30 Ramadhan 1443 H bertepatan dengan hari Minggu, 1 Mei 2022. Sehari selepas hari tersebut, umat muslin merayakan Hari Kemenangan atau Hari Idul Fitri yakni pada 2-3 Mei 2022.

Sedangkan, perhitungan Kalender Hijriah Global ditetapkan berdasarkan dengan Kriteria Istanbul, yang mana hal ini sesuai dengan Keputusan Kongres Internasional Unifikasi Kalender Hijriah Global yang digelar di Istanbul (Turki) pada tahun 2016.

Metode hisab & rukyat

Diketahui, Pemerintah menetapkan awal Ramadhan dengan metode hisab serta rukyat. Adapun hisab ini merupakan suatu metode hitung posisi benda langit, terutama matahari dan bulan.

Sedangkan Rukyat (Rukyatul Hilal) ini merupakan suatu aktivitas untuk mengamati visibilitas hilal atau bulan sabit ketika Matahari tenggelam jelang awal bulan dalam perhitungan Kalender Hijriah. Umumnya, rukyatul hilal dilakukan untuk menetapkan awal bulan Dzulhijjah, Ramadan, dan Syawal.

Jadi, Ramadhan 2022 berapa hari lagi? Jawabannya, pemerintah belum menetapkannya secara pasti tanggal 1 Ramadhan 1443 tanggal berapa. Namun, sejumlah Ormas Islam sepakat bahwa awal Ramadhan 2022 jatuh pada 2 April 2022.

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *