banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

KJRI Bantu Pemulangan 5 PMI dan Jenazah Yusuf Warga Dompu NTB

KJRI Kuching bantu pulangkan ke Indonesia jenazah warga Dompu, NTB bersamaan repatriasi 5 orang WNI/PMI kondisi khusus.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Kepala KJRI Kuching Yonny Tri Prayitno menyatakan telah membantu pemulangan jenazah  Yusuf, WNI/PMI asal Dompu, NTB ke Indonesia melalui PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimatan Barat.

Menurutnya, Yusuf meninggal dunia di Hospital Umum Sarawak, Kuching karena sakit.

“Istri Almarhum Rini, turut mendampingi jenazah almarhum setelah KJRI Kuching membantu menyelesaikan dokumen perjalanan yang bersangkutan,” kata Yonny Tri Prayitno, memberikan penjelasan kepada pers lewat rilisnya, Kamis (19/8/2021) di Kuching.

Yonny menyebut, pada waktu yang bersamaan, KJRI Kuching juga membantu pemulangan lima orang WNI/PMI kondisi khusus.

“Diantaranya seorang wanita, yakni Raodah (44) dengan anaknya yang masih bayi berumur satu bulan yang baru dilahirkan di Hospital Sibu, Sarawak.  Mereka berdua diserahkan oleh pihak Imigrasi Sarawak kepada KJRI Kuching untuk dipulangkan ke Indonesia karena tidak memiliki ijin tinggal dan dokumen perjalanan yang sah,” jelasnya.Sementara, tiga orang WNI lainnya yang dibantu pemulangan yakni, Haris Marines (25), laki-laki asal Kabupaten Kubu Raya, Kalbar,. Haris merupakan pekerja ilegal di Sarawak, dan sebelumnya terpapar Covid-19, dan telah dinyatakan sembuh diserahkan ke KJRI Kuching untuk dipulangkan.

Sedangkan seorang PMI bernama Halimah (48)  asal Bulukumba, Sulsel, diserahkan oleh majikannya ke KJRI Kuching untuk dibantu dipulangkan ke keluarganya di Indonesia, karena yang bersangkutan terkena penyakit demensia.

Kemudian, beber Yonny, terdapat seorang PMI bernama Toha Saputra (24) asal Kabupaten Sanggau, Kalbar, yang memohon bantuan KJRI Kuching untuk pulang ke Indonesia karena sudah tidak miliki pekerjaan lagi.”Kelima WNI/PMI kondisi khusus tersebut sebelumnya ditampung di rumah perlindungan (Shelter) KJRI Kuching, sambil menunggu proses penyelesaian dokumen perjalanan mereka. Dan sehari sebelum keberangkatan pemulangan, mereka melakulam test covid-19 di Rumah Sakit KPJ, Kuching dengan hasil negatif,” paparnya.

Yonny menambhakan, untuk proses pemulangan jenazah WNI yang didampingi istrinya dan pemulangan/repatriasi lima orang WNI/PMI kondisi khusus itu berjalan lancar dii PLBN Entikong .

“Jenazah dan enam orang WNI tersebut di terima Satgas pemulangan WNI/PMI PLBN Entikong. Selanjutnya mereka menjalani proses pencegahan covid- 19 sebelum dipulangkan ke tempat asal masing-masing,” pungkasnya.

 

Pewarta : Dhesta

Editor : Ariz

 

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *