banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Menkes Budi Ungkap 4 Jurus Pemerintah Tekan Angka Kematian Pasien Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan empat rencana strategis pemerintah untuk menekan angka kematian pasien Covid-19 yang terus meningkat di tanah air.

Budi memaparkan yang pertama adalah menugaskan puskesmas untuk aktif memantau pasien isolasi mandiri agar tidak meninggal dunia saat isoman. Dia menyebut pemerintah akan membagikan oximeter ke puskesmas di 20 kabupaten/kota, petugas diminta untuk rutin mengukur saturasi pasien.

“Kalau saturasi sudah di bawah 94 persen, harus segera dirujuk ke puskesmas, isolasi terpusat, atau ke rumah sakit,” kata Budi dalam jumpa pers virtual, Senin (2/8/2021).

Kedua, pasien isoman juga bisa memanfaatkan telemedicine di 11 platform kesehatan yang sudah bekerja sama dengan pemerintah, melalui platform itu juga pasien bisa mendapatkan paket obat gratis.

“Kami mulai kerja sama dengan IDI, di daerah maupun di pusat itu bisa konsultasi dengan dokter melalui telepon atau WA,” ucapnya.

Ketiga, Budi juga meminta puskesmas untuk mengedukasi pasien Covid-19 tentang cara isolasi mandiri yang baik, termasuk mengukur laju pernapasan.

“Uku nafas kita, jangan sesak, kalau kita nafasnya masih semenit di bawah 20 kali itu tidak sesak, kalau sudah lebih dari 20 kali itu sesak, jadi bisa dihitung secara gampang,” jelasnya.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *