banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Tanaman Herbal yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

HEALTH /Women/Men/Parenting/Konsultasi Catat! Daftar Tanaman Herbal yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi M. Reza Sulaiman | Aflaha Rizal BahtiarRabu, 14 Juli 2021 | 21:42 WIB Catat! Daftar Tanaman Herbal yang Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Ilustrasi minuman Herbal.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Pandemi Covid-19 mewajibkan kita untuk terus menjaga kesehatan sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, Ir. Bagem Sofiana Sembiring, salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi minuman herbal.

“Pentingnya minuman fungsional untuk mengobati penyakit kompleks, baik itu penyakit menular dan tidak menular, hingga berkontribusi pada daya tahan tubuh,” ungkapnya lewat keterangan rilis Balittro, Selasa (14/7/2021).

Minuman herbal yang memiliki manfaat dan bisa dikonsumsi di rumahdi antaranya meniran, temulawak, pegagan, dan jahe merah.

Ilustrasi Minuman Herbal (shutterstock)
Ilustrasi Minuman Herbal (shutterstock)

Selain itu, minuman yang diambil dari tanaman herbal juga memiliki kandungan yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan seperti flavonoid, tannin, kurkuminoid, senyawa fenolik, dan sifat antioksidan.

Lalu bagaimana cara mendapatkan manfaat dari tanaman herbal seperti meniran? Cara termudah adalah dengan mengeringkan daunnya lalu diseduh dengan air panas.

Dosis daun meniran yang dianjurkan adalah 1-2 sendok teh pergelas.

Sementara itu, temulawak dan jahe bisa dijadikan minuman yang diolah secara langsung. Biar rasanya enak, tentu bisa ditambahkan bahan lain seperti kayu manis, madu, dan lemon.

Menurut Ir. Bagem Sofiana, minuman herbal seperti Asitaba merupakan salah satu inovasi minuman fungsional yang dihasilkan oleh Balittro. Minuman yang dibentuk dalam kemasan tersebut, diambil dari bahan asitaba, pegagan, jahe merah, dan temulawak.

Minuman ini, tentunya dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta memperlancar peredaran darah.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *