banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Tiga Desa Wisata yang Menarik Buat Liburan Sambil Belajar

Wisata Offroad Cibuntu.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Plesiran identik dengan jalan-jalan ke pantai, melihat panorama yang indah, atau menikmati makanan lezat. Namun, plesiran #DiIndonesiaAja mampu menawarkan lebih.

Ada banyak tempat wisata di Indonesia yang memberikan kesempatan bagi pengunjungnya untuk berkarya atau membuat sesuatu. Umumnya membuat batik, tenun, gerabah hingga kerajinan tangan lainnya.

Liburan dengan memadukan unsur edukasi ini, banyak ditawarkan di desa wisata. Desa wisata adalah sebuah tempat wisata yang dikelola oleh komunitas masyarakat setempat. Sehingga, tarif yang dipatok untuk memasuki desa wisata pun masih terjangkau. Tak jarang, kamu hanya cukup membayar karya yang sudah kamu ciptakan saja.

Gimana sobat travelers, tertarik untuk plesir ke desa wisata? Atau masih bingung mau mengunjungi desa wisata apa saja selama #DiIndonesiaAja? Berikut adalah beberapa destinasi desa wisata yang bisa jadi alternatif pilihan kalian. Yuk, simak!

1. Desa Wisata Cibuntu

Menparekraf, Sandiaga Uno dan Cinta Laura tengah belajar membuat gerabah dari tanah liat di Desa Wisata Cibuntu. (Instagram/@sandiuno)
Menparekraf, Sandiaga Uno dan Cinta Laura tengah belajar membuat gerabah dari tanah liat di Desa Wisata Cibuntu. (Instagram/@sandiuno)

Jika kamu sedang berada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, cobalah untuk mampir ke Desa Wisata Cibuntu. Desa Wisata Cibuntu menyajikan suasana berhawa dingin dan sejuk. Ini lantaran lokasinya berada di bawah kaki Gunung Ciremai.

Selama di Desa Wisata Cibuntu, sobat travelers juga bisa menikmati kearifan lokal lainnya seperti pagelaran budaya, situs purbakala dan makanan tradisional, Selain itu, sobat travelers juga bisa belajar membuat gerabah dari tanah liat yang diajarkan langsung oleh para perajin di sana.

2. Desa Wisata Giriloyo

Perajin tengah membatik.(Instagram/@jogjaseni)
Perajin tengah membatik.(Instagram/@jogjaseni)

Alternatif wisata lain yang bisa kamu kunjungi adalah Desa Wisata Giriloyo. Terletak di Kawasan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Desa Wisata Giriloyo merupakan pusat kerajinan batik tulis di Yogyakarta yang sudah berkembang sejak zaman dahulu. Di sana, sobat travelers bukan hanya bisa membeli batik, tapi juga belajar membuat batik tulis sendiri. Sobat travelers akan diajarkan bagaimana cara membuat pola hingga membatik menggunakan canting.

3. Kampung Wisata Keramik Dinoyo

Ilustrasi pembuatan keramik.(Istimewa)
Ilustrasi pembuatan keramik.(Istimewa)

Kampung Wisata Keramik Dinoyo adalah salah satu desa wisata yang tak boleh kamu lewatkan. Seperti nama yang disandang, sobat travelers akan disambut dengan ornamen-ornamen keramik yang menghiasi taman. Bermacam-macam keramik yang unik, cantik, dan bernilai seni tinggi akan memukau mata sobat travelers. Tidak hanya itu, sobat travelers juga bisa menikmati sensasi dalam membuat keramik hasil tangan sendiri yang tentunya akan dipandu oleh para perajin di sana.

Di masa pandemi ini sobat travelers juga harus selalu mematuhi protokol kesehatan. Jangan lupa untuk tetap pakai masker, jaga jarak, dan rajin mencuci tangan di lokasi-lokasi yang telah disediakan. Nah, agar lebih banyak mendapat inspirasi tentang pariwisata dan ekraf Indonesia yuk follow akun IG @pesonaid_travel, Facebook : @pesonaid_travel  atau kunjungi website www.indonesia.travel.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *