banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Tips Bersantai dari Kecanduan Kerja

Ilustrasi Bekerja
banner 120x600

triggernetmedia.com – Ada banyak alasan untuk beberapa orang yang bekerja dengan sekeras mungkin, misalnya karena ingin mencapai cita-cita, meningkatkan keuangan, dan lainnya.

Hal-hal tersebut terkadang bisa membuat kita  kelelahan akibat terlalu banyak bekerja. Bahkan seorang sering melewatkan beberapa jam tidur.  Tentunya kondisi itu bisa mengarah pada stres atau depresi.

Dilansir melalui Lifehack, berikut adalah 5 solusi sementara yang dapat dicoba untuk meredakan ketegangan kelelahan mental karena kecanduan bekerja.

1. Berjalan-jalan di Sekitar 

Ilustrasi berjalan di sekitar kantor. (Pixabay/Anastasia Gepp)

Jalan kaki telah lama diidentifikasikan sebagai cara untuk merilekskan pikiran dan tubuh. Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa jalan cepat dapat menghilangkan stres dan ketegangan serupa dengan bagaimana aspirin meredakan sakit kepala.

Alasannya berkaitan dengan bagaimana olahraga berdampak rendah ini memicu pelepasan endorfin atau bahan kimia otak yang merangsang relaksasi Jalan kaki selama 10 menit dapat memberikan manfaat penghilang stres yang Anda butuhkan untuk mengatur ulang pikiran.

2. Pakai selimut berbobot

Bagi banyak orang, tidur siang adalah penawar yang ideal untuk memulihkan tubuh dan otak setelah bekerja berjam-jam.  Selimut berbobot mungkin bisa membantu. Jenis selimut ini berkisar antara 5 hingga 30 pon dan dirancang untuk membantu Anda merasa nyaman dan aman seperti pelukan yang nyaman.

Secara teori, selimut memberikan “terapi tekanan”, yang membantu menenangkan sistem saraf dan menurunkan detak jantung saat Anda stres.  Terapi tekanan dapat meningkatkan jumlah serotonin dan oksitosin yang dilepaskan di otak, yang dapat menimbulkan rasa tenang.

3. Mendengarkan musik

Musik seringkali menjadi sumber daya untuk merangsang getaran yang baik.  Mendengarkan musik yang tidak menarik bagi Anda mungkin memiliki efek menenangkan yang berlawanan dengan yang Anda inginkan.

4. Tersenyum

Tersenyum itu mudah, cepat, dan sarat dengan manfaat relaksasi. Yang diperlukan hanyalah mengatasi kecanggungan duduk atau berjalan-jalan dengan seringai di wajah Anda tanpa alasan selain untuk bersantai. Penelitian menunjukkan bahwa tindakan sederhana seperti tersenyum bisa efektif dalam mengurangi intensitas respons stres tubuh dan menurunkan tingkat detak jantung setelah aktivitas yang membuat stres.

5. Berbaring di Lantai

Jika kecanduan kerja telah membuat Anda berada dalam kondisi kelelahan yang parah sehingga satu-satunya hal yang dapat Anda pikirkan untuk dilakukan adalah berbaring di lantai, Anda hampir mencapai relaksasi daripada yang mungkin Anda sadari.

The Alexander Technique, dinamai berdasarkan aktor Shakespeare, menawarkan cara tertentu untuk berbaring di lantai sehingga Anda melepaskan ketegangan pada otot Anda.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *