banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Keamanan Jaringan TI Kunci Penting Digitalisasi Transaksi Keuangan

Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) di Qubu Resort, Sungai Raya, Senin (5/3/2021).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Sadar bahwa kesuksesan program digitalisasi transaksi keuangan tidak akan terwujud tanpa stabilitas jaringan teknologi informasi. Untuk itu Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, A.L. Leysandri akan mengupayakan Dinas Kominfo Provinsi Kalbar untuk memperkuat jaringan TI supaya tidak ada lagi masalah dalam transaksi digital.

“Yang perlu kita perkuat adalah jaringan. Jaringan ini penting untuk keamanan atas transaksi tersebut. Kita nanti coba dengan Dinas Kominfo untuk memperkuat jaringan ini, sehingga semua transaksi (digital) yang terjadi tidak lagi bermasalah,” ujarnya saat memberikan sambutan pada Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) di Qubu Resort, Sungai Raya, Senin (5/3/2021).

Kekinian, sambung dia, jumlah teknisi pemeliharaan jaringan belum tersedia sebanyak programmer TI. Ia menekankan agar Dinas Kominfo mencari teknisi-teknisi khusus yang memahami jaringan TI serta pemeliharaannya.

“Teknisi jaringan ini yang mengamankan, supaya tidak ada bentrok. Jadi kalau programmer banyak, tapi IT Jaringan juga harus ada. Supaya ada yang mengamankan transaksi-transaksi tersebut,” ujar Leysandri.

Leysandi mengatakan, kebutuhan teknisi jaringan TI ini menjadi prioritas, karena Gubernur paling cepat dan intens terhadap masalah ini.  Gubernur Kalimantan Barat bahkan selalu mengupayakan dan mendorong setiap transaksi keuangan dilakukan secara digital atau nontunai.

“Mengingat hal ini paperless dan tercatat dalam rekam jejak digital,” katanya.

“Untuk program ini Pemprov Kalbar sudah berupaya, step by step melaksanakannya. Tidak ada lagi transaksi yang langsung, karena seperti ini yang aman. Ini sedang dibangun di pemerintah provinsi dan dengan adanya kegiatan ini kita akan lebih fokus lagi,” katanya menambahkan.

Melalui Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia, Leysandri berharap dapat menjadi forum koordinasi untuk meningkatkan digitalisasi transaksi keuangan di Kalimantan Barat.

“Sehingga dapat tercipta sistem pembayaran efisien, efektif, serta transparansi bagi masyarakat,” harapnya.

Leysandri menyebut, FEKDI kali ini mengusung tema Bersinergi dalam Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia. Kegiatan ini dalam rangka mendorong perhatian akan pentingnya digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif dan efisien untuk perekonomian Indonesia, meningkatkan kolaborasi otoritas di pusat dan daerah, serta mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Semoga Festival ini dapat menjadi forum koordinasi untuk meningkatkan digitalisasi transaksi di Kalimantan Barat, sehingga dapat tercipta sistem pembayaran efisien, efektif, serta transparansi bagi masyarakat,” pungkasnya. (*)

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *