banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Hingga 3 Hari Kedepan

BMKG
banner 120x600

triggernetmedia.com – Kepala Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak Nanang Buchori menyatakan, jumlah titik panas di Kalimantan Barat berkurang secara signifikan sejak hujan yang terjadi mulai 3 Maret 2021.

“Jarak pandang di Bandara Supadio sudah bagus, tidak lagi terpengaruh adanya asap,” katanya, dilansir melalui info cuaca Kalbar Sabtu (6/3/2021) .

Nanang menjelaskan, berdasarkan pantauan satelit cuaca, radar cuaca dan 8 stasiun pengamatan BMKG Kalimantan Barat, hujan masih terus terjadi di sebagian besar wilayah Kalbar.

“Diprakirakan 3 hari ke depan, tanggal 6 hingga 8 Maret 2021 berpotensi terjadi pertumbuhan awan-awan penghujan secara signifikan di Kalimantan Barat. Cuaca ekstrem berupa hujan intensitas sedang hingga lebat bisa disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat,” ujarnya.

Masyarakat diimbau untuk mewaspadai dampak yang dipicu oleh cuaca ekstrem tersebut, seperti adanya genangan, banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, jalan licin, dan sebagainya.

Nanang menyebut adanya ppotensi kemudahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Barat selama 1 minggu ke depan diprakirakan secara umum pada kategori Aman.

“Prakiraan peluang curah hujan hingga Dasarian I bulan April 2021 juga mengindikasikan masih cukup banyaknya curah hujan,” tandasnya.
.
Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG Stasiun Meteorologi Supadio Pontianak membuka layanan informasi cuaca 24 jam dapat menghubungi melalui :
• call center 0561 – 721142 ;
• http://www.bmkg.go.id;
• follow Fanspage Facebook dan Instagram : @infoBMKGKalbar;
• atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

 

Ariz

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *