banner 120x600

Jerawatan, Hindari 6 Jenis Makanan Berikut Ini

Ilustrasi Chocolate Chip Pancake.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Wajah jerawatan sering kali bikin seseorang merasa kurang percaya diri. Jika Anda punya masalah jerawat, coba perhatikan lagi pola makan Anda. Apakah Anda sering mengonsumsi makanan yang ternyata bisa memicu masalah kulit satu ini?

Selain perawatan kulit dari luar, asupan makanan juga dapat memengaruhi kesehatan kulit dari dalam tubuh. Penelitian yang diterbitkan pada International Journal of Dermatology telah menyelidiki bagaimana pola makan berpengaruh pada jerawat.

Dilansir dari Eat This, penelitian tersebut mengamati 10 tahun studi pola makan dan jerawat untuk menentukan makanan apa yang menjadi pemicu jerawat. Hasilnya, ada enam jenis makanan yang bisa menyebabkan Anda berjerawat, di antaranya:

  • Makanan dengan indeks glikemik tinggi (sirup, beras merah)
  • Makanan dengan beban glikemik tinggi (nasi putih, dan pancake)
  • Kurang sayuran
  • Produk susu (susu, es krim, keju)
  • Cokelat
  • Makanan cepat saji

“Bagi pasien saya yang berjerawat, saya selalu menekankan bahwa makanan dan diet hanyalah salah satu aspek pengobatan karena ada perubahan genetika dan hormon yang juga memainkan peran besar bagi sebagian orang berjerawat,” ungkap Rajani Katta, MD, penulis Glow: The Dermatologist’s Guide to a Whole Foods Younger Skin Diet.

Ilustrasi makanan cepat saji. (Sumber: Shutterstock)

“Tapi, kami juga meyakini bahwa makanan dan pola makan tertentu memang bisa memicu jerawat,” katanya kemudian.

Katta lalu menyarankan untuk membatasi sebanyak mungkin gula tambahan dan karbohidrat olahan serta memperbanyak konsumsi makanan sehat.

Sementara itu, guna meningkatkan kesehatan kulit, Katta merekomendasikan konsumsi sayuran, buah-buahan, dan makanan yang mengandung asam lemak seperti salmon.

Katta juga mengatakan, “Makanan pelindung jerawat ini bisa membantu menjaga kulit Anda tetap bersih dan bebas jerawat.”

 

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *