banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Garuda Indonesia Mendarat Darurat di Bandara Hasanuddin

Ilustrasi: Pesawat Garuda Indonesia
banner 120x600

triggernetmedia.com – Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA642. Reg : PK-GFF rute Makassar – Gorontalo mendarat darurat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Adapun alasan pendaratan darurat tersebut karena pesawat mengalami kerusakan pada bagian mesin pesawat boeing 737-800 dengan kode G-A642.

Pesawat yang mengangkut 26 orang penumpang itu terbang Pukul 9.17 Wita. Kemudian kembali lagi ke landasan karena mengalami gangguan pada mesin nomor 2.

“Karena ada instrumen pesawat yang rusak sehingga penumpang diberangkatkan menggunakan pesawat lain,” kata Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I, Iwan Risdianto, Rabu (17/2/2021).

Pesawat dikabarkan sempat terbang dari landasan. Namun, harus putar arah kembali ke bandara. Tower angkatan udara yang menerima pesan dari awak pesawat langsung meminta agar pesawat melakukan pendaratan.

Petugas gabungan kemudian melakukan evakuasi terhadap 26 penumpang dan awak kabin.

Saat ini pesawat yang rusak sementara diperbaiki di Bandara Hasanuddin. Setelah diperiksa, pesawat membutuhkan komponen pengganti.

“Pihak maskapai sudah memberangkatkan semua para penumpang ke tujuan (Gorontalo) dan mendarat di tempat tujuan dengan aman. Penumpang sudah diberangkatkan lagi dengan pesawat yang berbeda. Sementara pesawat yang rusak diperbaiki di bandara,” kata Iwan.

Ini Penjelasan Bos Garuda

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Irfan Setiaputra membenarkan adanya pesawat yang alami kerusakan setelah lepas landas.

Kejadian itu terjadi pada penerbangan bernomor GIA642 rute Makassar-Gorontalo, pada pagi hari tadi.

Menurut Irfan, kerusakan pesawat tersebut terdapat pada bagian mesin. Namun sayangnya, Irfan tak merinci kerusakan yang terjadi.

Ia menambahkan, pilot langsung kembali ke bandara awal atau Return to Base (RTB) setelah mengetahui ada kerusakan pada mesin.

“Ada masalah di mesin, keputusan RTB dilakukan oleh pilot,” ujar Irfan kepada Suara.com, Rabu (17/2/2021).

Sebelumnya, Mesin Pesawat Garuda Indonesia mengalami kerusakan saat terbang dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Rabu 17 Februari 2021.

Saat mendarat petugas keamanan bandara bersama petugas pemadam kebakaran siaga. Mengawal proses pendaratan pesawat.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura 1 Iwan Risdianto mengatakan, pesawat dengan nomor penerbangan GIA642. Reg : PK-GFF. Rute Makassar – Gorontalo.

Dengan kondisi Block Off : 09:41 LT ATD : 09:55 LT ATA (RTB) : 10:18 LT Block On (RTB) : 10:23 LT

PIC : Capt. Jonathan Martin POB : 26/00/00 Parking Stand : R38. Reason : Technical problem (Engine Failure No.2).

“Penumpang sudah diberangkatkan lagi dengan pesawat yang berbeda. Sementara pesawat yang rusak diperbaiki di bandara,” kata Iwan kepada SuaraSulsel.id

Pesawat mengangkut 26 orang penumpang. Terbang Pukul 9.17 Wita. Kemudian kembali lagi ke landasan karena mengalami gangguan pada mesin nomor 2.

Iwan menjelaskan sedianya, pesawat boeing 737-800 dengan kode G-A642 terbang dari Bandara Hasanuddin menuju Bandara Djalaluddin Gorontalo pada pukul 09.17 wita. Namun, ada instrumen mesin pesawat yang mengalami kerusakan.

“Tetapi karena ada instrumen pesawat yang rusak sehingga penumpang diberangkatkan menggunakan pesawat lain,” jelasnya.

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *