banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Ini 5 Makanan yang Tabu Dihidangkan di Meja Makan saat Imlek

Ilustrasi Imlek.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Perayaan Tahun Baru China atau akrab disebut Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa.

Imlek kerap dijadikan momen berkumpul bersama keluarga. Aktivitas makan bersama pun tak luput pada saat perayaan imlek.

Makanan yang cukup erat kaitannya dengan perayaan Imlek adalah kue keranjang. Namun tahukah Anda, ada sejumlah makanan yang tabu disajikan saat perayaan Imlek?

Berikut ini rangkuman makanan yang sebaiknya tidak disantap saat perayaan imlek dari berbagai sumber. Yuk kita simak.

1. Sarapan dengan bubur

Ilustrasi bubur. (PIxabya/fadhilasqar)

Di hari biasa, menyantap bubur untuk sarapan menjadi hal lumrah. Namun sebaiknya Anda tidak sarapan dengan bubur saat perayaan Imlek.

Pasalnya, bubur dianggap sebagai makanan yang dikonsumsi orang tidak mampu. Memakan bubur di tahun baru disebut dapat mendatangkan nasib buruk.

 

2. Sayap ayam atau bebek

Ilustrasi sayap ayam krispi (envato elements by jirkaejc)

Menyajikan sayap ayam atau bebek tanpa bagian lain dianggap tabu saat Imlek. Hal ini lantaran sayap unggas dipercaya dapat membawa pergi energi keberuntungan.

 

3. Makanan berwarna putih

Ilustrasi tofu. [Shutterstock]
Makanan berwarna putih yang pantang dimakan saat perayaan imlek di antaranya adalah tahu, putih telur, dan keju putih. Pasalnya, dalam tradisi China warna putih melambangkan ketidakberuntungan atau kerap dikaitkan dengan kematian.

 

4. Lobster

Ilustrasi lobster saus tiram. (Envato Elements/Yakov Oskanov)

Lobster tidak disarankan untuk dihidangkan saat Imlek. Hal ini karena lobster berjalan mundur. Meskipun termasuk makanan mahal, lobster dianggap sebagai tanda kemunduran dalam bisnis atau kehidupan.

5. Cumi-cumi

Ilustrasi tumis cumi-cumi pedas. (Pixabay/ahncamera)

Konon, dahulu kala masakan cumi dibuat sebagai simbol pemecatan bagi pekerja. Masakan cumi disebut sebagai pemberitahuan tak tertulis kepada pekerja untuk tak perlu datang bekerja lagi untuk seterusnya.

Cumi dibuat sebagai simbol pemecatan karena bentuknya yang mirip dengan selimut pekerja yang digulung saat berkemas. Inilah yang membuat masakan cumi tak cocok disantap saat perayaan Tahun Baru China.

Itulah 5 makanan yang pantang dimakan saat perayaan Imlek. Tentunya masih banyak makanan lain yang diperbolehkan untuk disantap saat Imlek.

 

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *