banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Arsenal Vs Manchester City di Perempat Final Piala Liga Inggris

Bek Arsenal David Luiz (tengah) menunggu tendangan sudut dalam laga pekan ke-13 Liga Inggris menghadapi Southampton di Emirates Stadium, Kamis (17/12/2020) dini hari WIB.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Duel Arsenal vs Manchester City akan tersaji di perempat final Piala Liga Inggris atau Carabao Cup, Rabu (23/12/2020) dini hari WIB. Ini akan menjadi lanjutan pertarungan antara guru dan murid.

Mikel Arteta yang tengah dalam tekanan besar setelah Arsenal tujuh kali beruntut gagal menang di Liga Inggris, akan kembali ‘adu ilmu’ dengan sang guru, Pep Guardiola.

Pertandingan di Emirates Stadium ini menandai satu tahun dua hari sejak Arteta meninggalkan jabatan asisten pelatih Manchester City untuk mengemban tugas sebagai bos Arsenal.

Kekalahan atas Manchester City dipastikan bakal menambah tekanan di pundak juru taktik Spanyol itu dan bukan tidak mungkin mengakhiri lebih cepat kiprahnya di tim London Utara.

 

Kemenangan atas Liverpool di babak keempat Piala Liga Inggris Oktober lalu serasa sudah lama sekali bagi Arsenal yang selepas periode itu cuma meraih dua kemenangan di kompetisi domestik.

Kekalahan 1-2 pekan lalu dari mantan klub Arteta lainnya, Everton, membuat Arsenal kini baru mengumpulkan 14 poin dari 14 pertandingan di Liga Inggris.

Itu merupakan start terburuk Arsenal untuk kampanye Liga Inggris sejak 1974-1975. Kondisi itu membuat The Gunners untuk sementara terbenam di peringkat ke-15 klasemen.

Arteta mungkin bisa sedikit bernapas lega jika melihat statistik Arsenal di kompetisi piala, di mana mereka memiliki torehan apik dengan meraih seluruh kemenangan di babak penyisihan grup Liga Europa musim ini.

Namun, meski Arsenal jadi klub dengan trofi Piala FA terbanyak yakni 14 –yang mana satu trofi itu ditambahkan Arteta musim lalu– rekor Piala Liga Inggris The Gunners cukup buruk.

Arsenal telah tersingkir enam kali dari delapan perempat final di Piala Liga Inggris terakhir yang mereka ikuti.

 

Tim Meriam London tercatat telah 29 kali ke perempat final Piala Liga Inggris, tetapi mereka baru dua kali mengangkat trofi yang terakhir direbut pada 1993.

Selain tengah kesulitan menemukan performa terbaik, Arsenal juga dihadapkan dengan fakta bahwa Manchester City –yang tampil inkonsisten di Liga Inggris– punya catatan mentereng di kompetisi ini.

The Citizen telah merasakan lima gelar juara dalam tujuh tahun terakhir mengikuti Piala Liga Inggris. Tiga trofi kemenangan bahkan diraih di tiga musim terakhir.

Di luar statistik itu, pasukan Guardiola sekarang tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi.

 

Hal yang mengesankan adalah dalam periode tersebut, sektor pertahanan mereka sangat luar biasa dengan tujuh clean sheet dan hanya kebobolan satu gol.

Kemenangan 1-0 hari Sabtu di Southampton adalah clean sheet keempat berturut-turut di laga tandang, sementara mereka hanya kalah satu kali dari 13 laga tandang terakhir mereka di semua kompetisi.

Di Piala EFL saja, Man City telah memenangkan masing-masing dari 10 pertandingan tandang terakhir mereka, termasuk kemenangan 3-0 di Burnley di babak keempa

 

Meski bakal menghadapi ujian berat, Mikel Arteta mengindikasikan bakal menurunkan pemain muda dan pelapis di perempat final Piala Liga Inggris ini.

Dalam konferensi pers jelang laga, Mikel Arteta menekankan para pemain muda harus bisa mengemban tanggung jawab dengan menyelesaikan tantangan ini dengan cara yang baik.

 

“Jika mereka mampu melakukan itu, mereka harus menangani momen-momen bagus dan bagaimana mereka menanganinya untuk terus tampil di level yang dibutuhkan di sini,” kata Mikel Arteta dikutip dari laman resmi Arsenal.

 

“Jadi ini adalah pengalaman lain bagi mereka dan saya harus mengatakan bahwa mereka telah jauh lebih dewasa, bertanggung jawab dan efisien dari yang saya perkirakan. Jadi menurut saya, kinerja mereka sangat baik.”

 

Rekor pertemuan Arsenal vs Manchester City

Merujuk TransfermarktArsenal dan Manchester City telah berjumpa sebanyak tujuh kali di Piala Liga Inggris. The Gunners dan The Citizen sama-sama meraih tiga kemenangan dan satu laga berakhir imbang.

Manchester City bisa dianggap jadi tim yang lebih diunggulkan lantaran tiga kemenangan itu dicatatkan mereka dalam tiga perjumpaan terakhir.

Pada perempat final Piala Liga Inggris 2009/2010, Manchester City menghancurkan Arsenal dengan skor 3-0. Sementara dua tahun setelahnya, Arsenal dibungkam dengan skor 0-1.

Teranyar, Arsenal dihancurkan Manchester City pada babak final 2017/2018. City keluar sebagai kampiun usai menekuk tim asal London Utara itu dengan skor telak 3-0.

 

Kondisi pemain Arsenal vs Manchester City

Pierre-Emerick Aubameyang adalah pahlawan dalam pertandingan semifinal Piala FA musim lalu, tetapi dia dipastikan absen membela Arsenal di laga ini.

Striker asal Gabon itu diketahui masih dibekap cedera betis dan tidak tampil saat Arsenal dikalahkan Everton pekan lalu. Arteta memprediksi Aubameyang bisa saja melewati laga hingga tahun baru.

 

Thomas Partey juga masih absen, sementara Granit Xhaka menjalani pertandingan ketiga dan terakhir dari skorsingnya menyusul kartu merahnya melawan Burnley.

 

Gabriel Magalhaes tersedia untuk dimainkan The Gunners setelah menjalani hukuman dari kartu merah yang dia dapatkan saat menghadapi Southampton pada 17 Desember lalu.

Seperti yang disebutkan di atas, Arteta kemungkinan besar bakal menurunkan para pemain yang jarang mendapat menit bermain musim ini, termasuk dari barisan muda.

Cedera: Thomas Partey, Gabriel Martinelli, Pierre-Emerick Aubameyang

Diragukan: Reiss Nelson

Ditangguhkan: Granit Xhaka

Perubahan juga diharapkan dari Guardiola karena kedua manajer ingin menjaga tim mereka tetap segar di tengah jadwal pertandingan yang padat.

Gabriel Jesus bisa absen sekali lagi karena “kondisi giginya” yang membuatnya absen dari kemenangan di Southampton, sementara Aymeric Laporte dan Eric Garcia juga diragukan karena cedera.

 

Raheem Sterling diharapkan untuk memulai laga sejak awal setelah mencetak gol pada dua kunjungan terakhirnya ke Emirates Stadium dan memiliki peran langsung dalam 17 gol dari 25 penampilan Piala Liga Inggris terakhirnya.

Sergio Aguero, Benjamin Mendy, Phil Foden, Riyad Mahrez, Fernandinho dan Nathan Ake adalah beberapa pemain yang siap diturunkan setelah absen pada akhir pekan.

 

Cedera: Tidak ada

 

Diragukan: Oleksandr Zinchenko, Aymeric Laporte, Eric Garcia, Gabriel Jesus

Ditangguhkan: Tidak ada

Prediksi susunan pemain Arsenal vs Manchester City

Arsenal (3-4-3): Bernd Leno; Kieran Tierney, Gabriel Magalhaes, Rob Holding; Bukayo Saka, Dani Ceballos, Joe Willock, Ainsley Maitland-Niles; Lacazette, Eddie Nketiah, Nicolas Pepe

Manchester City (4-2-3-1): Ederson; Benjamin Mendy, Nathan Ake, John Stones, Joao Cancelo; Fernandinho, Ilkay Gundogan; Phil Foden, Raheem Sterling, Riyad Mahrez; Sergio Aguero

 

Sumber : Suara.com

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *