Vaksin Covid-19 Diyakini Tersedia pada September

  • Bagikan
Peneliti menunjukan vaksin Covid-19 yang dikembangkan laboratorium Institut Penelitian Ilmiah Epidemiologi dan Mikrobiologi Gameleya, Moskow, Rusia, 6 Agustus 2020. [Handout / Russian Direct Investment Fund / AFP]
banner 468x60

triggernetmedia.com – Vaksin Covid-19 akan tersedia pada musim gugur atau sekitar September mendatang, demikian dikatakan para ilmuwan Jerman dari Robert Koch Institute, pada Rabu (12/8/2020).

“Proyeksi awal menunjukkan bahwa satu atau dua vaksin mungkin tersedia pada musim gugur 2020,” kata Robert Koch Intitute (RKI) seperti dilansir Deutsche Welle.

Meski demikian RKI mewanti-wanti, dalam laporannya yang bertajuk Pandemi di Jerman dalam Bulan-bulan ke Depan, bahwa tersedianya vaksin pada musim gugur nanti belum tentu bisa mengendalikan pandemi Covid-19 secara keseluruhan.

Baca juga  Viral Dimedsos Penyaluran BLT DD Cuma Rp 215.000

RKI memperingatkan bahwa dampak positif vaksin Covid-19 bisa terganggu oleh adanya mutasi virus corona atau masalah pada imunitas yang mungkin tak bertahan lama.

Saat ini sudah ada beberapa calon vaksin Covid-19 yang dinilai potensial untuk diproduksi massal dan sedang menjalani uji klinis fase terakhir. Di antaranya adalah vaksin buatan Universitas Oxford di Inggris, vaksin buatan perusahaan farmasi Amerika Serikat, Moderna, dan vaksin milik Sinovac dari China.

Baca juga  Dulu Jadi Simbol Krisis Corona di Eropa, Italia Kini Umumkan Bebas dari Wabah Covid-19

Bahkan pekan ini Rusia mengumumkan telah secara resmi memberi izin pada vaksin Covid-19 buatan lokal yang dinamai Sputnik. Tetapi vaksin Rusia itu ditanggapi dengan hati-hati karena baru diuji ke manusia dalam waktu dua bulan.

Sumber : Suara.com

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *