banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Satgas Huma Wujudkan Desa Mandiri Langit Biru di Bumi Khatulistiwa

Apel Satgas Huma Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa. Rabu (15/7/2020).
banner 120x600

triggernetmedia.com – Pangdam XII Tanjungpura, MayJen TNI Muhammad Nur Rahmad menyatakan, Satgas Huma bertujuan penting mendukung persiapan desa mandiri.

Desa Mandiri merupakan program unggulan yang menjadi prioritas utama dalam Kabinet Presiden Joko Widodo. Untuk mewujudkan hal itu, Kodam XII Tanjungpura bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat membentuk Satgas Huma Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa.

“Kita sudah bentuk kekuatan satgas ini sampai ke desa-desa,” katanya Kamis (16/7/2020) di Kubu Raya.

Menurutnya, sebanyak 6481 relawan yang tergabung dalam Satgas Huma ini telah siap melaksanakan tugas mereka. Selain mendukung program Desa Mandiri, satgas ini juga dibentuk dalam rangka upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kalbar.

“Ini murni dari relawan desa yang tugasnya membantu masyarakat desa dalam membuka ladang,” jelas Pangdam XII Tanjungpura, MayJen TNI Muhammad Nur Rahmad.

Para relawan yang tergabung dalam Satgas Huma ini telah dibekali ilmu membuka lahan tanpa membakar. Sehingga nantinya mereka akan menjadi pendamping masyarakat yang akan membuka lahan untuk berladang.

“Diharapkan melalui Satgas Huma ini masyarakat yang membuka ladang ini bisa memberdayakan Satgas Huma ini. Salah satunya mencegah agar apabila masyarakat membakar itu jangan sampai tidak terkendali,” ujarnya.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyebut, membuka lahan berladang tanpa membakar merupakan pola budaya baru. Sehingga masyarakat diminta untuk dapat menerima pola budaya baru ini. Dengan harapan bencana kebakaran hutan dan lahan di Kalbar dapat berkurang.

“Mungkin sekarang masyarakat masih ada lah yang tetap membakar, yang seperti ini kita masih lakukan pendampingan. Tapi bagi masyarakat yang sudah mau merubah pola membuka lahpenan tanpa membakar, maka Satgas ini juga bertugas untuk membantu masyarakat di desa tersebut,” tukasnya.

Rizka I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *