banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

TNI Bantu Warga Terdampak Bencana Puting Beliung

Danrem 121/Abw Sintang Kalbar, Brigjen TNI Ronny, mengunjungi sejumlah rumah warga yang terdampak bencana puting beliung di kecamatan Samalantan. Dalam kunjungannya itu Danrem 121/Abw Sintang Kalbar, Brigjen TNI Ronny langsung mengerahkan 50 anggota TNI untuk memperbaiki rumah warga yang ambruk dan hancur.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Danrem 121/Abw Sintang Kalbar, Brigjen TNI Ronny, mengunjungi sejumlah rumah warga yang terdampak bencana puting beliung di kecamatan Samalantan. Dalam kunjungannya itu Danrem 121/Abw Sintang Kalbar, Brigjen TNI Ronny langsung mengerahkan 50 anggota TNI untuk memperbaiki rumah warga yang ambruk dan hancur.

“Kita berikan bantuan bangunan, atap seng dan semen untuk memperbaiki rumah ini. Kita prihatin, oleh karena itu kita TNI AD membantu kesusahan masyarakat,” kata Danrem yang di dampingi Dandim 1202 Singkawang, Letkol Arm Victor J. L Lopulalan di lokasi pada Jumat (10/7/2020) sore.

Danrem berharap tidak ada lagi bencana alam serupa yang dapat merugikan masyarakat. Dirunya turut mengimbau kepada masyarakat atau pihak lain yang ingin membantu korban dari bencana tersebut bisa menyalurkan bantuannya.

“Bagi warga yang ingin membantu silahkan datang di kantor camat, kantor desa untuk memberikan bantuan. Begitu juga dengan pemerintah daerah. Kita harapkan keperdulian dari masyarakat bukan saja di Kalbar tapi Indonesia ini, dan lembaga-lembaga kemanusiaan untuk membantu. Bukan kita memohon belas kasihan tapi memang kita ada keperdulian saudara kita yang terkena bencana alam,” ujar Danrem.

Dandim 1202 Singkawang, Letkol Arm Victor J.L Lopulalan menyatakan keprihatinannya atas kondisi rumah warga yang sudah rata dengan tanah. Dirinya mengaku sedih dan mengajak jajarannya untuk dapat membantu masyarakat. Dandim pun langsung mengarahkan prajuritnya untuk membantu warga terdampak bencana.

Selanjutny, kata Dandim 1202 Singkawang, Letkol Arm Victor J.L Lopulalan, akan ada bantuan lainnya yang ia support melalui pemerintah.

“Nanti kita akan bantu sebisa mungkin. Kita juga berharap pemerintah daerah segera menghimpun bantuan untuk warga. Kita dari TNI AD juga sudah membantu warga sebisanya sekarang, semoga nanti juga akan ada bantuan lainnya,” ungkap Letkol Arm Victor.

Lebih lanjut Dandim meminta agar masyarakat tetap sabar dan kuat menghadapi bencana ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus yang turut serta mengunjungi lokasi pemukiman warga yang terdampak bencana tersebut turut memberikan bantuan kepada warga.

Pada kesempatan itu Fransiskus menegaskan, akan membangun kembali sejumlah rumah warga yang hancur rata dengan tanah akibat angin puting beliung.

“DPRD disetiap komisi telah memberikan bantuan pada warga yang terdampak, itu bentuk keperluan wakil rakyat pada masyarakat,” katanya.

Menurut Fransiskus, bencana tersebut tentu saja membuat ia beserta anggota DPRD lainnya prihatin. Atas musibah itu, pihaknya pun telah turun langsung kelapangan.

“Kami wakil rakyat mendorong semua elemen masyarakat, pemerintah, TNI-POLRI untuk ambil bagian dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak bencana angin Puting Beliung. Bantuan tersebut jangan dilihat dari nilainya, tapi ini lah bentuk dari simpati kita,” ucap Fransiskus yang didampingi unsur pimpinan lainnya beserta anggota DPRD kabupaten Bengkayang yang turut serta.

Lebih lanjut Fransiskus menegaskan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah, dan dinas terkait dalam rangka penanganan pembangunan rumah warga yang rusak parah. Khususnya terkait dengan mekanisme pembangunannya akan didiskusikan kembali.

“Saya melihat beberapa rumah yang benar-benar ambruk dan tidak bisa ditempati lagi oleh karenanya kita bersama-sama baik pemerintah, DPRD, pemerintah desa, camat TNI-POLRI bersama-sama untuk pembangunan rumah. Seperti apa nanti langkah kita, apakah penganggaran dibantu pemerintah daerah dan sistem bangun gotong royong itu yang akan kita bangun komitmen bersama,” pungkasnya.

Sebelumnya, terdapat mpat Desa yang ada di Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang terdampak bencana angin Puting Beliung, Rabu (8/7/2020) kemarin. Empat

Empat Desa yang ada di Kecamatan Samalantan terdampak angin Puting Beliung, yakni desa Samalantan, desa Sabau, desa Bukit Serayan, dan desa Marunsu.

Di desa Samalantan, sebanyak 124 rumah yang mengalami kerusakan. Dengan 35 mengalami kerusakan berat, 14 kerusakan ringan, dan 75 kerusakan ringan. Sementara satu orang mengalami luka berat.

Di Desa Sabau’ satu rumah dengan kerusakan berat. Desa Bukit Serayan terdapat 24 rumah, empat diantaranya mengalami kerusakan berat, 20 rumah kerusakan ringan. Kemudian Desa Marunsu ada 17 rumah, enam mengalami kerusakan berat, tujuh sedang dan empat ringan.

Doe I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *