banner 468x60 banner 468x60

TNI Bantu Warga Terdampak Bencana Puting Beliung

Trigger Netmedia - 10 Juli 2020
TNI Bantu Warga Terdampak Bencana Puting Beliung
Danrem 121/Abw Sintang Kalbar, Brigjen TNI Ronny, mengunjungi sejumlah rumah warga yang terdampak bencana puting beliung di kecamatan Samalantan. Dalam kunjungannya itu Danrem 121/Abw Sintang Kalbar, Brigjen TNI Ronny langsung mengerahkan 50 anggota TNI untuk memperbaiki rumah warga yang ambruk dan hancur.  - ()

triggernetmedia.com – Danrem 121/Abw Sintang Kalbar, Brigjen TNI Ronny, mengunjungi sejumlah rumah warga yang terdampak bencana puting beliung di kecamatan Samalantan. Dalam kunjungannya itu Danrem 121/Abw Sintang Kalbar, Brigjen TNI Ronny langsung mengerahkan 50 anggota TNI untuk memperbaiki rumah warga yang ambruk dan hancur.

“Kita berikan bantuan bangunan, atap seng dan semen untuk memperbaiki rumah ini. Kita prihatin, oleh karena itu kita TNI AD membantu kesusahan masyarakat,” kata Danrem yang di dampingi Dandim 1202 Singkawang, Letkol Arm Victor J. L Lopulalan di lokasi pada Jumat (10/7/2020) sore.

Danrem berharap tidak ada lagi bencana alam serupa yang dapat merugikan masyarakat. Dirunya turut mengimbau kepada masyarakat atau pihak lain yang ingin membantu korban dari bencana tersebut bisa menyalurkan bantuannya.

“Bagi warga yang ingin membantu silahkan datang di kantor camat, kantor desa untuk memberikan bantuan. Begitu juga dengan pemerintah daerah. Kita harapkan keperdulian dari masyarakat bukan saja di Kalbar tapi Indonesia ini, dan lembaga-lembaga kemanusiaan untuk membantu. Bukan kita memohon belas kasihan tapi memang kita ada keperdulian saudara kita yang terkena bencana alam,” ujar Danrem.

Dandim 1202 Singkawang, Letkol Arm Victor J.L Lopulalan menyatakan keprihatinannya atas kondisi rumah warga yang sudah rata dengan tanah. Dirinya mengaku sedih dan mengajak jajarannya untuk dapat membantu masyarakat. Dandim pun langsung mengarahkan prajuritnya untuk membantu warga terdampak bencana.

Baca juga  Wali Kota Pontianak Minta Pejabat Peka Layani Masyarakat

Selanjutny, kata Dandim 1202 Singkawang, Letkol Arm Victor J.L Lopulalan, akan ada bantuan lainnya yang ia support melalui pemerintah.

“Nanti kita akan bantu sebisa mungkin. Kita juga berharap pemerintah daerah segera menghimpun bantuan untuk warga. Kita dari TNI AD juga sudah membantu warga sebisanya sekarang, semoga nanti juga akan ada bantuan lainnya,” ungkap Letkol Arm Victor.

Lebih lanjut Dandim meminta agar masyarakat tetap sabar dan kuat menghadapi bencana ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus yang turut serta mengunjungi lokasi pemukiman warga yang terdampak bencana tersebut turut memberikan bantuan kepada warga.

Pada kesempatan itu Fransiskus menegaskan, akan membangun kembali sejumlah rumah warga yang hancur rata dengan tanah akibat angin puting beliung.

“DPRD disetiap komisi telah memberikan bantuan pada warga yang terdampak, itu bentuk keperluan wakil rakyat pada masyarakat,” katanya.

Menurut Fransiskus, bencana tersebut tentu saja membuat ia beserta anggota DPRD lainnya prihatin. Atas musibah itu, pihaknya pun telah turun langsung kelapangan.

“Kami wakil rakyat mendorong semua elemen masyarakat, pemerintah, TNI-POLRI untuk ambil bagian dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak bencana angin Puting Beliung. Bantuan tersebut jangan dilihat dari nilainya, tapi ini lah bentuk dari simpati kita,” ucap Fransiskus yang didampingi unsur pimpinan lainnya beserta anggota DPRD kabupaten Bengkayang yang turut serta.

Baca juga  Parade Emas Firaun: Mesir Pindahkan Belasan Mumi Firaun ke Museum Baru

Lebih lanjut Fransiskus menegaskan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah, dan dinas terkait dalam rangka penanganan pembangunan rumah warga yang rusak parah. Khususnya terkait dengan mekanisme pembangunannya akan didiskusikan kembali.

“Saya melihat beberapa rumah yang benar-benar ambruk dan tidak bisa ditempati lagi oleh karenanya kita bersama-sama baik pemerintah, DPRD, pemerintah desa, camat TNI-POLRI bersama-sama untuk pembangunan rumah. Seperti apa nanti langkah kita, apakah penganggaran dibantu pemerintah daerah dan sistem bangun gotong royong itu yang akan kita bangun komitmen bersama,” pungkasnya.

Sebelumnya, terdapat mpat Desa yang ada di Kecamatan Samalantan, Kabupaten Bengkayang terdampak bencana angin Puting Beliung, Rabu (8/7/2020) kemarin. Empat

Empat Desa yang ada di Kecamatan Samalantan terdampak angin Puting Beliung, yakni desa Samalantan, desa Sabau, desa Bukit Serayan, dan desa Marunsu.

Di desa Samalantan, sebanyak 124 rumah yang mengalami kerusakan. Dengan 35 mengalami kerusakan berat, 14 kerusakan ringan, dan 75 kerusakan ringan. Sementara satu orang mengalami luka berat.

Di Desa Sabau’ satu rumah dengan kerusakan berat. Desa Bukit Serayan terdapat 24 rumah, empat diantaranya mengalami kerusakan berat, 20 rumah kerusakan ringan. Kemudian Desa Marunsu ada 17 rumah, enam mengalami kerusakan berat, tujuh sedang dan empat ringan.

Doe I Ariz

banner 468x60

Tinggalkan Komentar

Terkini

LHP LKPD Kabupaten Ketapang TA 2020 Raih Opini WTP

LHP LKPD Kabupaten Ketapang TA 2020 Raih Opini WTP

ASN   Headline   Ketapang   Keuangan   Kilas Kalbar   News
Cara Menghitung THR Karyawan Tetap, Ini Rumus dan Contoh Perhitungan

Cara Menghitung THR Karyawan Tetap, Ini Rumus dan Contoh Perhitungan

Artikel   Headline   Tips
Pemkab Landak Fasilitasi Penegasan Batas Desa Sehe Lusur

Pemkab Landak Fasilitasi Penegasan Batas Desa Sehe Lusur

Headline   Kabar Desa   Kilas Kalbar   Landak   News   Pelayanan Puplik   Sorotan
LHP LKPD Pemkot Pontianak 10 Tahun Berturut-turut WTP

LHP LKPD Pemkot Pontianak 10 Tahun Berturut-turut WTP

ASN   Headline   Keuangan   Kilas Kalbar   News   Pelayanan Puplik   Pontianak   Sorotan
Vaksin Moderna 96 Persen Efektif pada Remaja 12 hingga 17 Tahun

Vaksin Moderna 96 Persen Efektif pada Remaja 12 hingga 17 Tahun

Analisis   Headline   Internasional   Kesehatan   News   Sorotan
Di Tengah Pandemi, Penderita Talasemia Harus Waspada pada Risiko Infeksi

Di Tengah Pandemi, Penderita Talasemia Harus Waspada pada Risiko Infeksi

Headline   Kesehatan   Nasional   News
Aset Sitaan Kasus Asabri dan Jiwasraya akan Dilelang, Nilainya Rp 10,5 T

Aset Sitaan Kasus Asabri dan Jiwasraya akan Dilelang, Nilainya Rp 10,5 T

Headline   Nasional   News   Sorotan   Sospolhukam
Komisi VII Minta Tambah Mitra, Begini Kata Pimpinan DPR RI

Komisi VII Minta Tambah Mitra, Begini Kata Pimpinan DPR RI

Energi   Headline   Nasional   News   Parlementaria   Sorotan
Virus Corona Terus Bermutasi, Satgas Khawatir Vaksin dan Tes Tak Efektif

Virus Corona Terus Bermutasi, Satgas Khawatir Vaksin dan Tes Tak Efektif

Headline   Kesehatan   Nasional   News   Sorotan   Sospolhukam
Kelewatan! Oknum Perawat Terciduk Jualan Surat Palsu Bebas Covid-19

Kelewatan! Oknum Perawat Terciduk Jualan Surat Palsu Bebas Covid-19

Bisnis   Headline   Kesehatan   Nasional   News   Sorotan   Sospolhukam

SITE LOCATION REKLAME

Streaming triggernetmedia.com

Close Ads X