banner 120x600

Meski Bukan RS Rujukan, Yarsi Tetap Layani Pasien terindikasi Covid-19

Ketua Yayasan Yarsi Pontianak, Kombes Pol (Purnawirawan) Suhadi SW.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Ketua Yayasan Rumah Sakit Islam (Yarsi) Pontianak Suhadi menyatakan, kekinian pihaknya memiliki standar operasional prosedur (SOP) dalam menangani pasien yang terindikasi Covid-19.

“Kemudian masing-masing petugas nanti akan di cek suhu tubuh kemudian disinfektan, dan kemudian masuk ke ruang isolasi dan melakukan pemeriksaan,” ungkap Suhadi di Pontianak, Sabtu (4/4/2020).

Suhadi mengatakan kendala yang didapatkan oleh Yarsi Pontianak dalam menangani kasus Covid-19 adalah kekurangan Alat Proteksi Diri (APD).

Dirinya menyebut, Yarsi Pontianak telah menerima beberapa PDP dan kemudian diserahkan ke RSUD Soedarso Pontianak dan Rumah Sakit Sultan Muhammad Alkadri Pontianak.

“Kendala kita cuma APD yang kurang.  Yarsi sudah menerima beberapa PDP kemudian kami serahkan ke RSUD Soedarso kemudian ada dua kami serahkan juga ke Rumah Sakit Kota,” ujar dia.

Dalam upaya penanganan Covid-19 ini, jelas Suhadi, Yarsi Pontianak juga telah melakukan kerja sama dengan camat-camat di Kota Pontianak untuk pengadaan Ambulance.

“Karena ambulance dari Yarsi belum memenuhi standar, kami sudah meminta ke Gubernur juga untuk bantuan ambulance,” katanya.

“Jadi Yarsi tidak termasuk dalam Rumah Sakit rujukan, namun Rumah Sakit tidak boleh menolak dan harus melayani. apakah terinfeksi virus Covid-19 atau tidak. Ketika pasien yang diperiksa terindikasi COVID-19 maka kami akan berikan rujukan ke RSUD Soedarso atau rumah sakit rujukan lain,” katanya menambahkan.

Dhesta

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *