banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Koperasi Konveksi Perempuan Jadi Energi Positif Kubu Raya ditengah Wabah Covid-19

Koperasi Konveksi Perempuan Jadi Energi Positif Kubu Raya ditengah Wabah Covid-19. Dalam seminggu hasilkan 6.800 masker gratis untuk masyarakat.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Langkah proaktif ditunjukkan elemen masyarakat Kabupaten Kubu Raya menyikapi kelangkaan masker sejak pandemi virus Corona (Covid-19) telah ada di Kalimantan Barat. Bermula adanya koordinasi dengan pemerintah desa setempat, seluruh koperasi konveksi ibu-ibu di Kabupaten Kubu Raya mulai membuat masker menggunakan bahan kain dan membagikannya secara gratis kepada masyarakat.

Sebagai salah satu alat pelindung diri (APD), masker memang sangat dibutuhkan tidak saja oleh tenaga medis tapi juga masyarakat umum. Masker produksi kaum ibu dan remaja putri ini pun telah diuji kelaikan pakainya oleh dinas kesehatan kabupaten. Sehinggga dipastikan aman dan nyaman digunakan masyarakat.

Dalam kurun seminggu, sebanyak 6.800 masker kain selesai dijahit oleh tujuh dari sepuluh koperasi konveksi yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Ketua Koperasi Ambangah Sejahtera Abadi Desa Sungai Ambangah, Kecamatan Sungai Raya, Pungky Wahyuningrum, mengatakan dalam satu minggu terakhir koperasinya telah menyelesaikan seribu masker dan membagikannya ke masyarakat. Ia mengaku prihatin melihat kian sulitnya masyarakat mendapatkan masker baik di apotek, toko, maupun swalayan di Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak.

“Makanya saya bersama teman-teman konveksi lainnya sepakat untuk membuat masker yang terbuat dari kain dan kami sepakat masker ini diberikan ke masyarakat dengan cuma-cuma,” kata Pungky di kediamannya di Desa Sungai Ambangah, Selasa (1/4/2020).

Ketua Pengawas Koperasi Kabupaten Kubu Raya, Bujang Muis, mengatakan saat ini di Kubu Raya terdapat sepuluh koperasi konveksi. Dari jumlah tersebut, tujuh koperasi telah membuat masker dari kain dan membagikannya secara gratis kepada masyarakat. Adapun tiga koperasi lainnya kini juga mulai menyusul membuat masker.

“Sampai saat ini semua koperasi konveksi ibu-ibu ini sudah mulai memproduksi kembali masker berbahan kain yang selanjutnya akan diberikan secara gratis kepada masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Ambangah Kecamatan Sungai Raya, Samsuri, mengaku sangat terbantu dengan pembagian masker gratis dari koperasi konveksi. Sebab sejak masuknya virus corona ke Indonesia khususnya Kalimantan Barat, warga sangat kesulitan mendapatkan masker.

“Saya pribadi selaku kepala desa tentunya berterima kasih kepada pihak konveksi yang telah membantu warga kami untuk mendapatkan masker secara gratis untuk meminimalkan penyebaran virus corona ini,” ujarnya.

Secara terpisah, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi inisiatif dan langkah cepat warga yang membuat masker berbahan kain. Menurutnya, hal tersebut sangat membantu pemerintah daerah dalam pengadaan masker bagi masyarakat.

“Apa yang dilakukan ibu-ibu yang tergabung dalam koperasi konveksi yang saat ini sudah ada di sejumlah kecamatan tentunya menjadi energi positif bagi kami dalam membantu masyarakat mendapatkan masker secara gratis. Ke depan, kami dari pemerintah daerah melalui dinas kesehatan akan membantu konveksi ibu-ibu ini agar terus membuat masker. Minimal satu konveksi bisa membuat seribu sampai dua ribu masker. Karena masker ini sangat diperlukan masyarakat Kubu Raya menghadapi kondisi pandemi Covid-19 ini,” kata Muda Mahendrawan di kediaman pribadinya, di Jalan Tanjungsari Pontianak.

Rio I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *