banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Pentingnya Implementasi Amanat UU Keterbukaan Informasi Publik

Silaturrahmi Diskominfo Sanggau bersama OPD terkait dengan sejumlah pewarta media massa di Kafe Harmony, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Sanggau, Senin 2/3/2020.
banner 468x60

triggernetmedia.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sanggau belum lama ini menggelar pertemuan dengan sejumlah pewarta yang bertugas di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

“Pertemuan berlangsung di Kafe Harmony, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Sanggau, Senin (2/3/2020) kemarin,” kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau, H Joni Irwanto, Selasa (3/2/2020) di Sanggau.

“Nanti ini akan kita diskusikan lagi dengan seluruh OPD, termasuk dengan pak Bupati supaya seluruh OPD bisa open dalam memberikan informasi kepada wartawan. Sehingga informasi tersebut dapat membantu mensosialisasikan program pemerintah,” timpalnya.

Wartawan, kata H Joni Irwanto, dinilai berperan penting dalam hal memberitakan berbagai aspek penting. Namun, dirinya juga berharap terbagun sinergitas yang baik antara OPD dan wartawan terkait pemberitaan, sehingga produk jurnalistik paara wartawan dapat memberikan hal-hal yang menyejukan,  lebih informatif, dan juga mencerdaskan masyarakat sesuai kode etik jurnalistik.

Baca juga  Bupati Paolus Hadi: Lamanya Orang Bersekolah Jadi Faktor IPM Sanggau Rendah

“Saya yakin wartawan juga punya SOP atau standar dalam pemberitaan. Kalau dalam pemberitaan ini dirasa belum cukup dan belum layak dipublis tentu wartawan akan mencari informasi tambahan melalui klarifikasi atau konfirmasi kepada narasumber yang berkompeten,” ujarnya.

Selain itu, sambung H Joni Irwanto, OPD terkait tentunya juga harus lebih terbuka kepada para wartawan. Karena semua hal terkait keterbukaan informai publik sudah diatur dalam amanat UU nomor 14 tahun 2018.

“Semua informasi itu boleh diberikan, kecuali yang dikecualikan. Kalau bahasa yang dikecualikan itu hak prerogatif kita OPD, untuk memberikan atau tidak, tapi selain itu boleh diberikan. Ini yang menurut saya harus diketahui kita semua baik wartawan maupun perangkat daerahnya,” sebut Kadis Kominfo Kabupaten Sanggau, H Joni Irwanto.

Baca juga  Divaksinasi Booster, Bupati Sanggau: Semoga Tak Mudah Diserang Covid-19

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, dr Jones Siagian, Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) Aris dan beberapa Kabid, Kemudian Perwakilan dari Dinas Cipta Karya dan Perumahan Rakyat, Fransiska.

Terkait pertemuan dalam rangka membangun sinergitas antara OPD dengan wartawan di Kabupaten Sanggau itu, diharapkan dapat terjalin komunikasi dan silaturahmi yang berkelanjutan.

“Bisa saja nanti setiap bulan, hari ini kami dari Kominfo, selanjutnya bisa saja Dinas Kesehatan yang atau Dinas Cipta Karya.¬†Selanjutnya Dinas Bina Marga, tapi tidak perlu formal, suasana seperti ini saya rasa lebih baik. Sambil ngopi dan makan siang, atau kalau mau malam sambil makan malam,” ucap H Joni Irwanto.

Libertus I Ariz

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.