banner 468x60

Pemkot Pontianak Kembali Usulkan 4 Raperda ke DPRD

Trigger Netmedia - 3 Maret 2020
Pemkot Pontianak Kembali Usulkan 4 Raperda ke DPRD
Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan menyampaikan draf Raperda kepada unsur Pimpinan DPRD Kota Pontianak, Selasa, 3/2/2020. - ()

triggernetmedia.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak kembali mengusulkan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Pontianak kepada pihak legislatif.

“Keempat raperda tersebut diantaranya tentang Kepariwisataan, Tambahan Setoran Modal Pemkot Pontianak kepada Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat (Kalbar), Rencana Pembangunan Industri Kota Pontianak Tahun 2019-2039 dan Rukun Tetangga dan Rukun Warga,” kata Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, usai menyampaikan penjelasan empat raperda dimaksud di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota PontianakSelasa (3/2/2020).

Penyampaian keempat Raperda ini, sambung Bahasan, merupakan tindaklanjut dari program pembentukan Perda Kota Pontianak yang telah disusun bersama oleh Badan Pembentukan Perda dan Tim Pembentukan Perda Kota Pontianak.

“Mudah-mudahan empat Raperda yang diusulkan ini dapat segera dibahas sesuai mekanisme dan segera menjadi Perda Kota Pontianak,” katanya.

Baca juga  Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Kalbar Kunker ke Pontianak

Lebih lanjut, Bahasan menjelaskan, terkait Raperda Kepariwisataan, perlu dilakukan pengelolaan sumber daya dan potensi kepariwisataan secara lebih terencana, terpadu, berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Menurutnya, dalam pengelolaan sumber daya dan potensi kepariwisataan yang berkelanjutan diperlukan kepastian hukum, kejelasan tugas dan wewenang pemerintah daerah.

Sementara untuk Raperda Tambahan Setoran Modal Pemkot Pontianak kepada Bank Kalbar, dijelaskannya Bahasan, bahwa maksud dilakukan tambahan setoran modal tersebut untuk memperkuat struktur permodalan perusahaan dimaksud dalam upaya mendorong pertumbuhan perekonomian daerah, meningkatkan kepemilikan saham serta untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

“Sehingga perlu menetapkan Perda tentang tambahan setoran modal Pemkot Pontianak kepada Bank Kalbar. Jumlah penyertaan modal untuk Tahun Anggaran 2020 sebesar Rp10 miliar,” jelas Bahasan.

Baca juga  Rosalina Kampanye Gerakan Masyarakat Sehat

Kemudian, lanjutbahasan, Raperda tentang Rencana Pembangunan Industri Kota Pontianak tahun 2019-2039, bertujuan untuk memudahkan iklim investasi yang lebih bersahabat bagi semua pihak khususnya di daerah Kota Pontianak. Hal ini sejalan dengan karakteristik Kota Pontianak sebagai kota perdagangan dan jasa.

Sedangkan Raperda tentang RT dan RW, yakni bertujuan sebagai pedoman dan landasan hukum bagi RT dan RW dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

“Selain itu juga untuk meningkatkan peran serta masyarakat kelurahan dalam pemerintahan daerah, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan serta memelihara nilai-nilai gotong royong, kerukunan dan kekeluargaan serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat,” pungkasnya.

Jim i Ariz

banner 468x60

Tinggalkan Komentar

Greeting Pelantikan Bupati & Wakil Bupati Ketapang

Streaming triggernetmedia.com

Close Ads X