banner 468x60

Para Tetangga Sempat Jenguk Warga Depok yang Positif Corona di RS

Trigger Netmedia - 3 Maret 2020
Para Tetangga Sempat Jenguk Warga Depok yang Positif Corona di RS
Mobil ambulans dari milik Dinas Kesehatan Kota Depok saat tiba di RSPI Sulianti Saroso, Jakut. (Suara.com/Arga). - ()

triggernetmedia.com – Pemerintah Indonesia mengumumkan dua kasus virus corona di Indonesia, keduanya merupakan warga Depok, Jawa Barat. Sebelum dinyatakan positif virus corona, kedua pasien sempat dijenguk oleh para tetangga.

Kedua pasien merupakan ibu berusia 64 tahun dan anak perempuannya berusia 31 tahun.

Awalnya, sang ibu didiagnosis sakit tipus sementara sang anak didiagnosa bronchopneunomia dan sempat dirawat di RS Mitra Keluarga Depok sebelum dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Salah seorang warga sekitar, Anis Hidayah melalui akun Facebook miliknya mengakui ada beberapa tetangga yang sempat menjenguk ibu dan anak itu di rumah sakit.

Mereka tak mengetahui bila keduanya ternyata keduanya kini divonis terjangkit virus corona.

“Kami tahu bahwa dua tetangga kami memang sedang sakit typus dan beberapa warga sudah menjenguknya di RS,” kata Anis, Selasa (3/3/2020).

Baca juga  Ingat, Tidak Ada Aktivitas Tanpa Risiko COVID-19

Ketua Pusat Studi Migrasi Migrant Care ini mengatakan kegiatan menjenguk warga yang sakit merupakan tradisi yang biasa dilakukan di komplek perumahannya.

Hubungan antar tetangga begitu akrab dan dekat, tidak seperti klaim yang disampaikan oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris yang menyebut warga perumahan tak mengenal satu sama lain.

Ibu dan anak yang dinyatakan positif corona juga aktif di lingkungan masyarakat. Ia juga sering bergabung dalam kelompok arisan hingga mengikuti kegiatan bertanam organik.

Saat tetangga menjenguk, pasien mengaku kondisinya telah membaik. Ia juga sempat memberikan kabar bahwa tak lama lagi sudah bisa keluar dari rumah sakit dan meminta tetangga lainnya tak perlu menjenguk.

“Rencananya ibu-ibu perumahan akan menjenguk pada hari Minggu sore. Beliau sudah mulai membaik, katanya Minggu udah pulang, jadi nggak usah di besuk katanya,” ungkapnya.

Pengakuan Anis Hidayah soal warga Depok positif virus corona (FB/AnisHidayah)

Tetangga Jalani Tes Corona

Baca juga  Ini Empat Faktor Prioritas Penanganan Covid-19 di 9 Provinsi

Setelah ibu dan anak itu diumumkan terjangkit virus corona, para tetangga pasien mulai dilanda kekhawatiran. Terlebih mereka yang pernah berinteraksi langsung dan menjenguk pasien saat sakit.

Pada Senin (2/3/2020) sore, petugas kesehatan dari Puskesmas didampingi lurah dan Camat Sukmajaya datang ke perumahan.

Mereka langsung melakukan pemeriksaan terhadap warga yang sempat menjenguk kedua pasien.

“Kedatangan mereka khusus untuk memeriksa beberapa warga yang sempat menjenguk pasien. Saya turut mendampingi dalam pemeriksaan tersebut,” ungkap Anis.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, semua tetangga yang pernah menjenguk pasien dinyatakan sehat. Mereka dinyatakan negatif terinfeksi virus corona.

“Alhamdulillah semuanya sehat dan dapat pencerahan dari dokter tentang virus corona yang tidak mudah penularannya. Kami merasa lebih tenang,” tuturnya.

Sumber : Suara.com

banner 468x60

Tinggalkan Komentar

Greeting Pelantikan Bupati & Wakil Bupati Ketapang

Streaming triggernetmedia.com

Close Ads X