banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Sosialisasi Dapodik PAUD – Dikmas

Disdikbud Landak sosialisasikan Dapodik PAUD - Dikmas di Aula Pemkab Landak, 28-30 Januari 2020.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak menggelar sosialisasi Data Pokok Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (DapodikPAUD-Dikmas) Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Kegiatan sosialisasi digelar di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Landak berlangsung selama tiga hari dimulai pada Selasa hingga Kamis 28 – 30 Januari 2020.

Kepala Dinas Pendididkan dan Kebudayaan Kabupaten Landak Hery Mulyadi mengapresiasi antusiasme peserta. Menurutnya, ada sebanyak 254 orang peserta yang terdiri dari operator Dapodik Taman Kanak-Kanak (TK) sebanyak 25 orang peserta, Kelompok Bermain (KB) sebanyak 198 orang peserta, Satuan PAUD Sejenis (SPS) Sebanyak 12 orang peserta, dan Taman Penitipan Anak (TPA) sebanyak 1 orang, dan 18 orang peserta operator Dapodik dari Pendidikan Masyarakat (Dikmas) mengikuti kegiatan tersebut.

“Dengan rincian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebanyak 15 orang peserta dan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sebanyak 3 orang peserta,” jelasnya.

Hery Mulyadi mengatakan, tujuan dilaksanakan sosialisasi untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman para operator Dapodik. Agar data yang diinput bisa lebih baik dan  akurat.

“Dalam pengelolaan Dapodik Kedepan diharapkan dapat menghasilkan data yang lebih baik dan akurat,” ujar Hery.

Kebutuhan terhadap data, sambung Hery, merupakan sesuatu yang mutlak bagi setiap instansi atau lembaga yang hendak melakukan melakukan penyusunan program atau yang hendak membuat keputusan.

“Melalui data, program yang dibuat akan sesuai kebutuhan di lapangan, dan keputusan yang diambil akan menjadi keputusan yang tepat sasaran,” katanya.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Dikmas, Ady Wintoro mengatakan, penginputan data hanya dapat dilakukan melalui aplikasi atau metode Dapodik Online yaitu http://app.pauddikmas.kemdikbud.go.id/dapodik. Diirinya mengimbau para operator agar mengikuti prosedur yang telah ditentukan.

Bagi satuan pendidikan PAUD dan Dikmas yang menggunakan aplikasi Dapodik Offline, dipersilahkan mengubah dulu metode sinkronisasinya melalui aplikasi Manajemen Dapodik PAUD dan Dikmas (http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id).

Ady menegaskan, pentingnya peran operator dalam proses pendataan, dan harus melakukan pemutakhiran data secara berkala.

“Operator merupakan ujung tombak pendataan di PAUD dan Dikmas, operator berperan penting dalam pendataan di PAUD dan Dikmas dan dalam melakukan pekerjaannya operator PAUD dan Dikmas di bantu oleh seluruh perangkat dan stakeholder yang ada di PAUD dan Dikmas untuk dapat selalu melakukan pemutakhiran data di PAUD dan Dikmas masing-masing“, katanya.

Terpisah, Bupati Landak dr. Karolin Margret Natasa berharap para operator Dapodik PAUD-Dikmas dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab.

Karolin menyebut pentingnya data yang akurat dari suatu sekolah agar menjadi dasar dalam menentukan kebijakan.

“Saya berharap para operator dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab, harus melakukan penginputan data dengan benar karena semua data yang masuk akan menjadi dasar pemerintah dalam mengambil kebijakan dibidang pendidikan ini,” pungkas Karolin.

Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *