banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Buka Peluang Kerja Lewat Pelatihan dan Usaha Konveksi, ini yang dilakukan Pemkab Kubu Raya

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan membuka pelatihan kejuruan menjahit di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (15/1). Pelatihan menjahit merupakan salah satu bentuk dari kegiatan pelatihan keterampilan kerja berbasis masyarakat dan peluang kerja/usaha Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya.
banner 468x60

triggernetmedia.com – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan membuka pelatihan kejuruan menjahit di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (15/1). Pelatihan menjahit merupakan salah satu bentuk dari kegiatan pelatihan keterampilan kerja berbasis masyarakat dan peluang kerja/usaha Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya.

“Pelatihan ini merupakan desain besar terhadap proses pemberdayaan yang salah satunya berbasis konveksi di masyarakat. Program ini berjalan berdasarkan pada kondisi wilayah,” ujarnya disela kegiatan.

“Seperti di Sungai Raya, kita petakan beberapa desa, Alhamdulillah mendapat respons dan semangat yang luar biasa dari ibu-ibu yang ingin melatih diri dan bisa membentuk koperasi konveksi ini,” ujarnya menambahkan.

Menurut Muda, desain besar yang dimaksud merupakan sasaran yang ditujukan dari visi dan misi pemberdayaan perempuan untuk ketahanan rumah tangga dan ekonomi keluarga di desa-desa.

“Ini juga merupakan upaya untuk menghadirkan lapangan kerja kepada masyarakat, terutama kaum perempuan untuk bisa berdaya dengan potensi sumber daya manusia dan sumber daya lokal yang ada,” jelasnya.

Baca juga  Kapuas Hulu Bangun Gedung Pelayanan Satu Atap Rp100 Milyar

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, sambung Muda, berupaya untuk tidak hanya memberikan pelatihan dan bantuan. Namun juga menciptakan pasar lokal yang jelas. Sehingga bisa meneruskan dan membuat keberadaan dari pemberdayaan keterampilan berbasis konveksi berjalan dengan baik dan eksis.

“Satu anak masing-masing memerlukan empat seragam. Kenapa kita harus pesan keluar? Jika kita bisa melakukan sendiri justru kita bisa membuka lapangan kerja,” sebutnya.

Saat ini, lanjut Muda, di Kabupaten Kubu Raya ada sepuluh lembaga konveksi berbentuk koperasi yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Ke depan, akan diupayakan untuk menambah konveksi sehingga semakin membuka peluang kerja bagi masyarakat.

Ia menyatakan program pemberdayaan lewat konveksi merupakan inovasi sederhana yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang dapat membuat kekuatan perekonomian masyarakat terangkat.

“Jika perputaran ekonomi keuangan tidak keluar, maka kita tidak mengalami defisit. Kita betul-betul memaksimalkan potensi lokal,” ujarnya.

Muda mengaku bangga terhadap kaum ibu yang terlibat dalam program konveksi. Menurutnya, keterlibatan tersebut bagian dari upaya mempelopori cita-cita agar Kabupaten Kubu Raya menjadi kabupaten konveksi di Kalimantan Barat.

Baca juga  Bersurat ke Jokowi, Ratusan Pegawai KPK Lolos TWK Minta Pelantikan Jadi ASN Ditunda

Pelatihan kejuruan menjahit diikuti 20 peserta dari 10 koperasi yang berada di empat kecamatan di Kabupaten Kubu Raya. Empat kecamatan tersebut yakni Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Sungai Kakap, Kecamatan Rasau Jaya, dan Kecamatan Sungai Ambawang. Sekaligus penerima bantuan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya Heri Supriyanto mengatakan, kegiatan pelatihan keterampilan kerja berbasis masyarakat kali ini di konsentrasikan pada pelatihan kejuruan menjahit.

Menurutnya, pelatihan kejuruan menjahit bertujuan memberikan keterampilan kepada angkatan kerja potensial terutama kaum hawa.

“Sehingga mereka mempunyai kemampuan keterampilan memadai yang berdampak pada peningkatan taraf hidup keluarga,” jelasnya.

“Pelatihan dilaksanakan selama 19 hari mulai 15 Januari-2 Februari 2020 di Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) Mulia Perumahan Teluk Mulus Sungai Raya,”
tandasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Sujiwo, Ketua Tim Penggerak PKK Rosalina Muda, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Dyah Indah Yusran.

Jek I Ariz

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.