banner 468x60

Membumikan Pancasila Sebagai Idiologi Bangsa dan Negara

  • Bagikan
Bupati Landak, dr.Karolin Margret Natasa membuka acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, menghadirkan narasumber anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Drs. Cornelis., MH Jum'at 29/11/2019.
banner 468x60

triggernetmedia.com – Pemerintah Kabupaten Landak bekerjasama dengan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, meliputi ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika di aula utama kantor Bupati Landak, Jumat (29/11).

Bupati Landak, dr.Karolin Margret Natasa resmi membuka acara tersebut dengan menghadirkan narasumber anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Cornelis, yang juga merupakan ayah kandungnya, yang kini menjadi anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) dapil Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya Bupati Karolin mengapresiasi digelarnya sosialisasi empat pilar kebangsaan di Landak.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan agar masyarakat di Kabupaten Landak semakin memahami semua pilar kebangsaan yang dianut.

“Pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini karena sangat penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar oleh seluruh warga Negara Republik Indonesia,” ujar Karolin.

Baca juga  Bupati Landak Apresiasi Kegiatan Vaksinasi Serentak Se-Kalbar Warnai HUT Ke-57 Partai Golkar

“Dengan kegiatan sosialisasi ini kita diingatkan kembali bahwa untuk membangun Kabupaten Landak dan membangun Indonesia ini modal dasarnya adalah situasi yang kondusif, untuk bisa aman kita harus bisa memahami prinsip-prinsip kebangsaan, dasar-dasar kita berbangsa dan bernegara,” ujarnya menambahkan.

Bupati Karolin berharap setelah dilakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan, semua peserta yang hadir dapat memahami pentingnya pilar-pilar kebangsaan dan dapat mengamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Ideologi kita harus dijaga dan dipelihara, semoga kita bisa mengamalkan dan menjalankan apa yang menjadi dasar Negara kita untuk kemajuan Kabupaten Landak dan Indonesai yang kita cintai ini,” harap Karolin.

Sementara itu anggota Majelis Permusyarawatan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Cornelis menyampaikan pentingnya sosialisasi.

“Sosialisasikan empat pilar kebangsaan ini merupakan mandat MPR RI untuk disampaikan kepada masyarakat, sosialisasi ini menyangkut tentang ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan bhineka tunggal ika,” ujar Cornelis.

Baca juga  Prosedur Penanganan Pasien COVID-19 di RSUD Landak

“Jangan ada lagi ideologi-ideologi lain, yang sudah ada di NKRI ini hanya Pancasila,” jelasnya menambahkan.

Sosialisasikan empat pilar kebangsaan sangat penting bagi suatu Negara. Melalui forum tersebut, legislator dapil Kalbar itu ingin mendengar langsung sikap atau pernyataan masyarakat tentang pemahaman mereka terhadap idiologi bangsa sebagai pilar-pilar NKRI.

“Ini mandat MPR RI. Melalui forum ini kami juga memerlukan masukan dan saran dari para peserta supaya pancasila betul-betul bisa membumi dan betul-betul dipahami,” tegas Cornelis.

Turut hadir sejumlah pejabat Forkopimda Kabupaten Landak, Sekda Landak, Staf Ahli Bupati Landak, para asisten Sekda Landak, Kepala OPD, para ASN, pelajar dan mahasiswa,serta tokoh agama, tokoh adat, maupun tokoh masyarakat di kabupaten Landak.

Ariz

banner 120x600
  • Bagikan