banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Manfaat BUD Bagi Masyarakat Bengkayang

Program Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang melalui Beasiswa Utusan Daerah (BUD) yang dikuncurkan melalui APBD Kabupaten Bengkayang setiap tahunnya berdampak sangat baik terdapat dunia pendidikan di Kabupaten Bengkayang.
banner 120x600

triggernetmedia.com – Program Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang melalui Beasiswa Utusan Daerah (BUD) yang dikuncurkan melalui APBD Kabupaten Bengkayang setiap tahunnya berdampak sangat baik terdapat dunia pendidikan di Kabupaten Bengkayang.

BUD ini sudah lama di programkan oleh pemerintah guna membantu masyarakat yang kurang mampu sehingga bisa mengenyam pendidikan. Terlebih hal tersebut searah dengan visi misi Bupati Bengkayang sebelumnya, Suryadman Gidot untuk memajukan SDM dibidang  pendidikan di Kabupaten Bengkayang.

Menurutnya, pendidikan merupakan hal yang sangat penting demi kemajuan daerah. Mengingat, secara ekonomi masyarakat banyak yang tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan.

Program BUD itulah yang dilakukan Pemkab untuk memberikan kesempatan kepada Putra-putri terbaik dan berprestasi namun tak mampu secara ekonomi dibantu oleh pemerintah.

Manfaat dari program ini sudah banyak di rasakan, dan sudah menamatkan ratusan mahasiswa diberbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Diantaranya ada di Bali, Yogyakarta, Bandung, Salatiga dan tempat lainnya termasuk juga  di Kalbar sendiri.

Ada pula program Kedokteran, Kesehatan Ahli Gizi, Perawatan Gigi, Pariwisata, Bidan, Pertanian dan Guru, serta SLB dan lain-lain.

Ronald Bryan Vikario misalnya, merupakan satu dari  34 penerima program BUD tahun 2015 di Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang, di Jurusan Pertanian Yogyakarta dan Program Studi Penyuluhan Pertanian.

Alumni BUD ini sangat bersyukur dan mengapresiasi atas kehadiran program Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang.

“Saya ingin menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Kabupaten Bengkayang, terutama kepada Bupati Bengkayang yang telah merealisasikan program Beasiswa Utusan Daerah sehingga kami dapat mengenyam bangku kuliah di Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang dan bisa lulus sarjana seperti sekarang ini,” ujar Ronald.

Ronald menceritakan, jika tidak ada program BUD mungkin dirinya tidak berkesempatan untuk kuliah. Dia menilai, program tersebut sangat membantu keluarganya, serta teman seangkatannya.

“Peran pemerintah terhadap masyarakat sangat baik, dan tentu kami yang sudah lulus ini sungguh merasa bersyukur. Atas jaga dan bantuan Pemkab Bengkayang. Pertama, Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang karena telah membiayai perkuliahan kami hingga lulus menjadi sarjana. Yang kedua Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta – Magelang yang telah membimbing dan mengajar,  serta membuka wawasan kami di dunia pertanian, agribisnis dan entrepreneur,” ujarnya.

Ronald berharap, dengan ilmu yang ia dapatkan selama kuliah nanti dapat di aplikasikan kepada masyarakat dan untuk kabupaten, terutama dalam pengembangan teknologi pertanian, serta bagaimana mengembangkan pertanian yang ada di Kabupaten Bengkayang.

Ronald juga merasa sangat senang dan bangga karena telah mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, dan bangga dengan kabupaten Bengkayang yang peduli akan pendidikan dan membuka peluang besar kepada orang yang dikatakan tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Pesannya kepada pemerintah daerah kabupaten Bengkayang, bangun terus SDM di Kabupaten Bengkayang agar masyarakat masyarakat kabupaten Bengkayang dapat mempunyai kualitas yang semakin baik.

“Harapan saya juga ilmu yang kami peroleh dapat berdampak didunia pertanian khusus nya di Kabupaten Bengkayang. Kami sebagai alumni berharap kedepannya pemerintah kabupaten Bengkayang memiliki program di dunia pertanian, peternakan dan perkebunan. Sehingga dapat melibatkan kami untuk sama-sama  membangun dunia pertanian di kabupaten Bengkayang agar semakin berkembang,” katanya.

“Khususnya didunia pertanian juga memberikan dampak positif bagi perekonomian Kabupaten Bengkayang. Harapan kami dapat menjadi bagian dari pembangunan pertanian ini,” katanya menambahkan.

Doe I Ariz

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *