banner 468x60

Nadiem Jadi Mendikbud, Ini Tanggapan Praktisi Edutech

  • Bagikan
Mendikbud Nadiem Makarim berjabat tangan dengan Menko PMK yang juga mantan Mendikbud Muhadjir Effendy saat acara Lepas Sambut di Kemendikbud, Jakarta, Rabu (23/10). [Suara.com/Arya Manggala]
banner 468x60

triggernetmedia.com – Penunjukan pendiri Gojek Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) di Kabinet Indonesia Maju banyak disoroti oleh kalangan yang berkecimpung di bidang pendidikan.

Pasalnya, latar belakang Nadiem Makarim bukan berasal dari kalangan akademisi layaknya Mendikbud terdahulu.

Meski begitu, pelaku startup di bidang teknologi berbasis pendidikan (edutech) menyambut positif keputusan Presiden RI Joko Widodo yang menunjuk Nadiem sebagai Mendikbud yang baru.

                                           Nadiem Makarim menjadi Mendikbud dan meninggalkan 7 warisan ilmu untuk Gojek. (instagram/@lifeatgojek)

Country Manager PT Extramarks Indonesia, Fernando Uffie mengatakan, proses pengelolaan dunia pendidikan di Indonesia membutuhkan sosok visioner yang mampu memprediksi masa depan.

Baca juga  Mendikbud Nadiem Kecewa Baru 22 Persen Sekolah Buka Dengan Prokes Ketat

“Dari 9 tahun lalu Pak Nadiem melakukan pengembangan terhadap fintech, yang namanya Gojek, saya pikir itu adalah suatu kemampuannya untuk melihat gambar besar dari industri, dalam hal ini adalah fintech pada saat itu,” terang Uffie selepas peluncuran fitur baru aplikasi Kelas Pintar di Jakarta. Seperti dikutip dari laman suara.com.

Dengan pola pikir yang visioner itulah, Uffie percaya bahwa Nadiem akan membawa menyelaraskan pendidikan Indonesia dengan kemajuan teknologi.

Baca juga  Dinamika Dunia Pendidikan Sebagai Jembatan Perekat Persatuan

“Kalau berbicara mengenai edutech, kami menyambut baik ini, karena secara resmi, kita mempunyai orang yang memang mengerti. Dengan demikian, dalam implementasinya (di dunia pendidikan) kita tak perlu meragukan, apalagi dengan apa yang sudah dilakukan Pak Nadiem (di Gojek),” lanjutnya.

Uffie juga meyakini, pada saatnya nanti, Nadiem akan melakukan digitalisasi pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas SDM nasional.

RR Ukirsari Manggalani | Tivan Rahmat

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *