banner 468x60 banner 468x60 banner 468x60

DKPP Ketapang Usulkan 100 Sertifikat Nelayan ke BPN

Trigger Netmedia - 26 Agustus 2019
DKPP Ketapang Usulkan 100 Sertifikat Nelayan ke BPN
 - ()

triggernetmedia.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Ketapang terus menggulirkan program sertifikat tanah nelayan.

“Tahun 2019, DKPP kembali mengusulkan 100 sertifikat nelayan ke BPN Ketapang,” kata Kepala Bidang Tangkap DKPP Kabupaten Ketapang, Andi Manalu, Senin (26/8).

Andi menyebutkan, program setifikat tanah nelayan merupakan program Nasional, dan untuk di Kabupaten Ketapang sudah berlangsung sejak tahun 2013.

“Sejak tahun 2013 sudah berlangsung. Setiap tahun kita mengusulkan sebanyak 100 sertifikat tanah nelayan ke BPN, termasuk tahun 2019 ini yang sudah diusulkan,” katanya.

Dengan memiliki sertifikat tanah, sebutnya, nelayan akan memiliki agunan apabila punya keinginan untuk meminjam dana ke Bank sebagai modal dalam usaha nelayannya.

“Makanya setiap tahun program ini selalu kita informasikan melalui para Kepala Desa. Program ini tanpa dipungut biaya, nelayan hanya menyiapkan materai 6000,” tegas Andi.

Mengenai syarat yang dapat diusulkan, diantaranya memiliki kapal sudah teregistrasi, memiliki kartu nelayan, memiliki tanah yang belum bersertifikat dan jelas status lahannya.

“Kedepan kita akan terus menggulirkan program ini meskipun secara bertahap, sehingga seluruh nelayan di Ketapang tanahnya memiliki sertifikat,” jelas Andi.

Ketua I DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Ketapang, Evi Zulkifli menyatakan mendukung penuh program penggratisan sertifikat bagi nelayan. Menurutnya, program tersebut harus terus bergulir, bila perlu terdapat penambahan dalam pengusulan setiap tahunnya.

“Nelayan kita di Ketapang kan banyak. Artinya masih banyak juga yang mungkin belum mendapatkan program itu, alangkah baiknya setiap tahun pengusulannya ditambah,” kata Evi Zulkifli.

Evi mengatakan, dengan adanya program sertifikat bagi nelayan juga akan membuka akses mereka kepada perbankan. Terutama bagi mereka yang ingin mendapatkan modal dalam usaha nelayannya.

“Intinya segala program yang menyangkut kesejahteraan nelayan, kita pasti dukung. Semoga saja program ini terus berjalan, khususnya di Kabupaten Ketapang,” ujarnya.

Jhon I Ariz

Tinggalkan Komentar

SITE LOCATION REKLAME

Streaming triggernetmedia.com