Aksi Balap Liar Masih Marak di Ketapang

Trigger Netmedia - 25 Juli 2019
Aksi Balap Liar Masih Marak di Ketapang
Kasat Lantas Polres Ketapang, AKP Aditya (ist). - ()

triggernetmedia.com – Kasat Lantas Polres Ketapang, AKP Aditya mengimbau para orangtua berperan aktif dalam menekan aksi balap liar di Ketapang.

“Untuk menghilangkan aksi balap liar memang perlu proses dan yang paling penting peran serta semua pihak termasuk para orang tua,” ungkapnya, Kamis (25/7).

Menurut Kasatlantas, pihaknya secara intensif telah melakukan patroli rutin hingga penindakan. Patroli tersebut dilakukan selama dua bulan terakhir. 

Upaya lain dalam mencegah maraknya aksi balap liar yakni dengan sosialisasi. Meski demikian,  terpenting dalam menangani balap liar adalah kembali menekankan kepada para orangtua bagaimana mestinya mengawasi dalam mengarahkan anak-anak mereka secara internal di ruang lingkup keluarga.

“Tentu saja upaya kita dilapangan sejauh ini telah memberikan sosialisasi dan nasehat kepada anak-anak. Artinya secara umum, dilapangan kita juga telah membantu mengawasi anak-anak diluar jam sekolah supaya tidak leluasa melakukan aksi balap liar yang tentunya merugikan banyak orang. Namun upaya ini tidak cukup. Dan orangtua juga penting dalam memberikan nasehat dan bimbingan terhadap anak-anak mereka,” ujar Kasatlantas.

Baca juga  Penyidik Belum Dapat Menahan Tersangka Ketua DPRD Ketapang HMU

AKP Aditya menegaskan, Satlantas Polres Ketapang telah mendata lokasi-lokasi yang kerap dijadikan arena balap liar para remaja. Jalan Merdeka, Jalan Suprapto, Jalan D.I  Panjaitan hingga di wilayah Pawan V secara intensif rutin dilakukan patroli dilokasi-lokasi tersebut.

“Mereka mungkin ingin dilihat dan ingin membanggakan diri dengan melakukan atraksi dan balapan liar. Namun mereka lupa kalau perbuatan mereka bisa membuat mereka mengalami kecelakaan dan bisa mengubur mimpi dan masa depan mereka sendiri. Untuk itu kita terus melakukan razia dan meminta orangtua, dan masyarakat ikut mencegah ketika ada aksi balap liar,” ujarnya.

Baca juga  Kemenkes RI Survei Akreditasi Puskesmas Semata

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Ketapang, Yudo Sudarto mengajak masyarakat khususnya orangtua untuk bersama-sama berperan dan mencegah balap liar dilokasi masing-masing.

“Jadi memang perlu peran bersama untuk memberantas aksi balap liar ini. Orangtua memang harus mengawasi dan menasehati anak-anaknya. Bila perlu masyarakat turut mengusir ketika ada aksi balap liar dilokasi masing-masing. Aparat kepolisian juga diharapkan menindak tegas agar ada efek jera bagi para pembalap liar,” kata dia.

Aksi balap liar memang sangat merugikan, tidak hanya bagi pembalap tetapi juga bagi masyarakat lantaran selain menganggu alur lalu lintas juga dapat memicu terjadinya kecelakaan fatal bahkan menimbulkan kerugian materil dan korban jiwa.


Pewarta : Jhon

Editor : Ariz

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X