Anggaran Untuk Kecamatan Dinilai Masih Minim

Trigger Netmedia - 23 Juli 2019
Anggaran Untuk Kecamatan Dinilai Masih Minim
 - ()

triggernetmedia.com – Camat Suti Semarang, Rudi Hartono meminta Pemerintah memperhatikan anggaran untuk kecamatan. Ia menilai anggaran yang dikucurkan untuk kecamatan saat ini sangat minim.

“Terlebih camat melakukan pelayanan langsung pada masyarakat,” ungkapnya, Selasa (23/7).

Dia mengatakan anggaran kecamatan saat ini rata-rata Rp400-500 juta per kecamatan.
Karena itu ia menilai ada ketidakadilan dalam pengelolaan kecamatan.

“Dimana camat dengan tupoksi dan kewenangan sangat berat sebagaimana tertuang dalam UU nomor 23 tahun 2014 dan PP nomor 17 tahun 2018 tentang pelaksanakan fungsi atribut dan delegatif serta melakukan pelayanan langsung ke masyarakat. Namun mendapat anggaran sangat minim dan SDM yang juga tidak baik bahkan bermasalah,” ujarnya

Baca juga  Dandim 1207/BS Pontianak Terjun Langsung Dalam Pengamanan Objek Vital

Menurut Rudi idealnys dana untuk camat sama dengan Dana Desa. Sebagaimana Desa dan kelurahan mesti mendapat kucuran dana APBN. Minimal untuk pengawasan Dana Desa yang bersumber dari APBN.

Saat ini, lanjutnya, camat mendapat anggaran sangat minim, bahkan mungkin sisa hasil pembagian OPD lain baru camat. Dari segi SDM, Kecamatan juga sering mendapat staf yang bermasalah atau kurang kompeten.

Baca juga  Edi Ajak Warga Peduli dan Cinta Lingkungan

“Sehingga tugas camat menjadi cukup sulit,” ungkapnya.

Rudi menjelaskan, camat langsung berhubungan dengan pelayanan masyarakat, yang menjadi tolak ukur penilaian kinerja pemerintah oleh masyarakat. Dia berharap ada perhatian, paling tidak ada penambahan anggaran dari Pemerintah.

“Karena itu aspirasi para camat agar anggaran Kecamatan ditambah, camat mendapat tunjangan khusus dan SDM yg mampuni,” ucapnya.

Pewarta : Nar
Editor : Ariz

Tinggalkan Komentar

Streaming

Close Ads X