banner 120x600 banner 120x600

TMMD ke-105 Bangun Kemandirian dan Berdaya guna

banner 120x600
banner 468x60

triggernetmedia.com – Desa Cinta Manis merupakan wilayah pemekaran dari Desa Sekukun, yang telah puluhan tahun terisolir. Desa tersebut tidak memiliki akses jalan darat.

Selama ini masyarakatnya hanya menggunakan perahu dan speed boat sebagai sarana tranportasi. Namu, kini masyarakatnya dapat menikmati akses jalan darat setelah TNI membuka jalan ke desa ini.

“Desa Sekukun merupakan pemekaran dari desa Cinta Manis tahun 2005, luas 84 kilometet persegi dengan jumlah penduduk seribu 325 jiwa dengan 309 KK. Selama ini memang warga desa mengandalkan sungai Bihak sebagai sarana tranportasi antar desa maupun ke ibu Kota Kecamatan yaitu Menyumbung,” kata Komandan Kodim 1203/KTP Letkol Kav Jami’an.

Dengan mnggunakan speet boat atau motor tempel, ujar Dandim, warga harus melintasi sungai Bihak dan harus menempuh beberapa riam yang berarus deras dan ganas. Desa Sukukun di Kecamatan Hulu Sungai Kabupaten Ketapang itu akan mendapat berkah lagi dengan ditetapkan sebagai Lokasi TNI manunggal (TMMD) ke-105 tahun 2019.

Baca juga  Perkara Tipikor Asuransi Jasindo Atas Klaim Tenggelamnya Kapal Labroy 168 disidangkan

“TMMD Ke-105 merupakan program terpadu lintas sektoral antara instansi di daerah. Dengan program ini diharapkan pelaksanaanya dapat tercapai sesuai rencana, dan pembangunan pemerintah melalui proses perencanaan ini secara integral dan komperhensif dengan sistem Bottom Up Planing,” jelas Dandim.

Dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Dandim menjelaskan ada berupa sarana dan perasarana umum. Program lain yang penting untuk disampaikan adalah menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara guna tercipta masyarakat yang sejahtera, maju, mandiri dan memiliki ketahanan nasional.

Baca juga  Wabup Ketapang Minta KAHMI Terus Berkontribusi

“Dengan terwujudnya kerjasama dan koordinasi yang baik antara Instansi di daerah serta partisipasi aktif masyarakat, kita mendorong capaian TMMD semakin berdaya guna dan berhasil guna,” pungkas Dandim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.