banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

Ikuti Agenda Bupati, 6 Caleg Golkar Diperiksa Bawaslu

banner 120x600

KETAPANG (triggernetmedia.com) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ketapang hari ini, Jum’at (15/3) memeriksa 6 calon legislatif (caleg) Partai Golkar Dapil 4. Mereka diperiksa untuk memberikan klarifikasi kepada Bawaslu terkait keikutsertaannya dalam Kunjungan Kerja (Kunker) bupati Martin Rantan di Desa Karya Mukti, Kecamatan Melayu Rayak beberapa waktu lalu.

“Keeenam caleg yang kita periksa yakni Adrianus, Juliani, Masayu Nopia Ariani, Thomas Ferlyan, Fransiskus Pele dan Baitul Rahman. Mereka merupakan Caleg Dapil empat dari Partai Golkar,” kata Komisioner Bawaslu Bidang Hukum, Data dan Informasi, Ronny Irawan.

Ronny menjelaskan, klarifikasi yang dilakukan ke-6 caleg dari Partai Golkar itu sesuai informasi awal. Dimana sebelumnya proses klarifikasi sudah dilakukan Bupati Martin Rantan dan Pemerintahan Desa pada Jum’at (15/3) pekan lalu.

“Klarifikasi ini untuk mengkonfrontir informasi-informasi awal yang telah Bawaslu terima. Pihak-pihak yang dimintai klarifikasi secara faktual ini ada ditempat, dan keterangannya dianggap penting untuk menambah informasi,” kata dia.

Bawaslu Ketapang mengapresiasi para pihak terlapor yang kooperatif hadir memberikan klarifikasi. Proses klarifikasi itu masih berjalan, karena akan ada pihak lain yang akan dimintai klarifikasi awal pekan depan.

“Pihak lainnya kita agendakan Senin (18/3) mendatang,” ujar Ronny.

Bawaslu Ketapang menegaskan akan melihat fakta-fakta dilapangan melalui tahapan klarifikasi para terperiksa.

Dari proses klarifikasi itu Bawaslu baru akan mengambil kesimpulan keterkaitan kehadiran para caleg terkait keikutsertaan mereka dalam agenda kunker bupati Martin Rantan yang menghadiri kegiatan Percepatan Desa Mandiri. Termasuk kronologis kehadiran, kapasitas dan motivasi kehadiran para caleg itu yang didalami Bawaslu Ketapang.

Dari hasil klarifikasi beberapa pihak sejauh ini termasuk para caleg mengaku kalau kehadiran mereka di Kunker bupati Martin Rantan merupakan inisiatif mereka sendiri, sebagai bentuk apresiasi mereka terhadap kehadirian bupati yang, juga merupakan pimpinan partai mereka,” sebut Ronny.

Lebih lanjut dikatakan Ronny, sejauh ini Bawaslu Ketapang belum dapat menyatalan lesimpulannya.

“Nanti akan kami sampaikan secara utuh ketika klarifikasi sudah dilakukan. Yang jelas kami dari tahapan yang sudah kami lakukan semua sudah kita kaji,” jelasnya.

Pewarta : Jhon
Editor : Arizbroadcaster

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *