Songsong Revolusi Industri 4.0

  • Bagikan
banner 468x60

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi melahirkan revolusi industri 4.0. Revolusi ini ditandai penggunaan internet yang luas pada semua aspek kehidupan yang dikenal dengan istilah internet things.

“Digitalisasi juga merambah dunia industri yang menciptakan ekonomi digital,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Odang Prasetyo, Jumat (23/11).

Indonesia, sebut Odang Prasetyo sebagai bagian dari penduduk dunia harus mampu menyesuaikan diri bahkan menyambut tantangan baru ini dengan mengambil peran yang signifikan dalam ekonomi dunia. Semua pihak terkait harus ikut andil menjadikan Indonesia sebagai sepuluh besar ekonomi dunia pada tahun 2030 mendatang.

“Saat ini pemerintah telah menyiapkan peta jalan industri 4.0 guna meningkatkan daya saing industri nasional di kancah global. Karena itu, kita minta insan pendidikan dapat melihat fenomena tersebut sebagai tantangan baru dalam menyiapkan sumber daya manusia Indonesia agar dapat bersaing,” ujarnya.

Baca juga  Pemkab Landak Bantu Korban Terdampak Bencana Puting Beliung

Menurut Odang Prasetyo, peranan dunia pendidikan harus berupaya maksimal, khususnya sekolah sebagai unit pelaksana teknis yang langsung memberikan layanan pendidikan kepada peserta didik. Kepala sekolah sebagai pimpinan sekaligus manajer di sekolah harus mampu berinovasi yang dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan di institusinya masing-masing.

“Peran kepala sekolah sangat penting dalam pelayanan pendidikan berkualitas kepada peserta didik. Dengan pengelolaan sumber daya sekolah yang efektif di bawah kepemimpinan yang kuat, sekolah akan dapat berkembang mengikuti zaman,” kata Odang Prasetyo.

Baca juga  Suka Duka Teknisi PLN Menjaga Keandalan Listrik

Lebih lanjut dikatakan, sekolah harus memiliki lulusan yang punya kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang mumpuni. Odang Prasetyo mengimbau para pelaku dan pemangku kepentingan pendidikan untuk bekerja dan bersinergi membangun dunia pendidikan khususnya di Kabupaten Kubu Raya.

“PGRI selaku organisasi para guru telah mengambil peran nyata dalam membangun dunia pendidikan melalui berbagai kiprahnya. PGRI Kubu Raya harus mampu membangun kualitas sumber daya insan pendidikan,” pungkasnya.

Pewarta : Rio/Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *