KKR Deteksi Dini Potensi Konflik Jelang Pemilu

  • Bagikan
banner 468x60

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Kantor Kesatuan bangsa dan Politik Kabupaten Kubu Raya gelar rapat Koordinasi Komunitas Intelijen Daerah (Kominda) di Kantor Bupati Kubu Raya. Rapat guna menggalang informasi, pemantapan, dan membangun stabilitas wilayah jelang pemilu tahun depan.

Kepala Kantor Kesbangpol Hakiman
“Rakor ini diharapkan dapat mengoptimalkan peran Kominda dalam menjaga dan memelihara situasi serta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat sitkamtibmas,” kata Kepala Kantor Kesbangpol Kubu Raya, Hakiman di kantor bupati Kubu Raya, Senin (19/11).

Dengan peran aktif anggota Kominda Kabupaten Kubu Raya, Hakiman menyatakan dapat meningkatkan deteksi dini untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan konflik sosial.

Baca juga  Akhirnya! AS Kirim Bantuan 3 Juta Vaksin Moderna, Sudah Tiba di Bandara Soetta

“Melalui sinergi bersama pemerintah daerah, Polri, TNI, dan instansi terkait, mari siapkan langkah antisipasi sejak dini dalam menjaga stabilitas nasional di Kabupaten Kubu Raya,” imbau ya.

Hakiman menyebut salah satu ancaman nyata berasal dari radikalisme keamanan dan kondusivitas wilayah serta meluasnya radikalisme dan terorisme di wilayah Indonesia. Dikatakan, momen pemilu DPR, DPD, DPRD, dan pemilihan presiden dan wakil presiden serentak, akan meningkatkan aktivitas masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Kubu Raya.

“Dengan adanya potensi kerawanan tersebut, aparat Polri, TNI, dan pemerintah daerah harus meningkatkan pengamanan di semua titik konsentrasi masyarakat. Hal itu guna mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pada pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD, dan pilpres serentak,” ujar Haliman.

Baca juga  Polri Terus Edukasi dan Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Lebih lanjut, Hakiman menegaskan informasi intelijen sangat penting dan dibutuhkan guna langkah pencegahan pada potensi-potensi negatif yang dapat menimbulkan keresahan bahkan konflik yang terjadi di masyarakat. Sehingga pengumpulan informasi intelijen harus dilakukan secara terus menerus.

“Seluruh anggota Kominda Kabupaten Kubu Raya dan pemangku kepentingan diharapkan untuk saling bekerja sama dalam rangka pemantapan dan membangun stabilitas wilayah menyongsong pemilihan umum eksekutif dan legislatif serentak di Kabupaten Kubu Raya,” pungkasnya.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *