Pemkab KKR Puji GPN sebagai Inovasi BI

  • Bagikan
banner 468x60

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus menghadiri Seminar Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Gedung Serbaguna Santo Thomas, Sungai Raya, Jumat (16/11).

“GPN adalah terobosan Bank Indonesia untuk menghapus sekat-sekat yang selama ini tercipta melalui peraturan dari masing-masing bank. Dimana untuk mengakses kebutuhan perbankan maupun transaksi hanya bisa dilakukan pada bank yang sama,” kata wakil bupati Hermanus.

GPN lanjut Hermanus, adalah sistem yang menghubungkan berbagai pembayaran elektronik atau transaksi nontunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran. Dengan begitu masyarakat tidak perlu lagi mencari mesin electronic data capture (EDC) dari bank yang sama dengan kartu yang dimiliki.

“Sebab, kartu yang diterbitkan oleh penerbit domestik kini dapat terhubung dengan satu mesin EDC,” ujarnya.

Hermanus menyatakan GPN nantinya juga akan digunakan pemerintah untuk memfasilitasi beberapa program penting. Seperti penyaluran bantuan sosial nontunai, P2G, eletronifikasi jalan tol, serta mendukung e-commerce nasional.

Baca juga  Jadwal Lengkap La Liga Spanyol yang Dimainkan Akhir Pekan Ini

“Melalui GPN, pemilik kartu debit bank tertentu bisa bertransaksi melalui mesin anjungan tunai mandiri atau ATM, atau perangkat electronic data capture, yang kita kenal dengan EDC bank lain. Pemersatu semua proses transaksi antarbank,” jelasnya.

Pemersatu semua proses transaksi antarbank, kata Hermanus, penggunaannya berlogo GPN, yakni berupa burung garuda berwarna merah, yang tersemat di tiap kartu debit dan kartu uang elektronik.

“Dalam waktu dekat tentu nasabah yang menabung di bank akan mendapatkan kartu ATM berlogo garuda merah yang lebih aman dan canggih serta tidak lagi potong biaya transaksi. Semoga dengan berbagai terobosan perbankan ini masyarakat kita semakin mendapat manfaatnya,” harapnya.

Seminar GPM menjadi wujud sinergi yang baik antara Bank Indonesia, Komisi XI DPR RI, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, dan masyarakat setempat. Dengan adanya Gerbang Pembayaran Nasional itu diharapkan Bank Indonesia bisa menjadi perantara berbagai kemudahan perbankan dalam melaksanakan transaksi keuangan.

Baca juga  Massa Antikomunis Desak Jokowi Mundur, Istana: Kelompok Kecil Tukang Gaduh!

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat, Prijono, menegaskan seminar GPN bertujuan memberikan pemahaman seputar Bank Indonesia dan Gerbang Pembayaran Nasional kepada masyarakat.

“GPN merupakan sistem yang menghubungkan berbagai pembayaran elektronik atau transaksi nontunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran. Silakan datang ke bank masing-masing untuk menukar kartu debit dan kredit. Hal itu agar dari kartu bank apapun bisa digunakan di mesin manapun juga,” pungkas Prijono.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Arizbroadcaster

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *