BUMDes Rasau Jaya III wujudkan Desa Wisata

  • Bagikan
banner 468x60

KUBU RAYA (triggernetmedia.com) – Desa Rasau Jaya III Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, kini mulai berbenah menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu unggulan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Desa itu terjadi dengan Desa Wisata Pujon Kidul di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

“Kawan-kawan BUMDes terilhami usai melakukan anjangsana ke Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang dan Cibodas beberapa waktu lalu,” ungkap Camat Rasau Jaya Suhartono, Jum’at (2/11).

Menurut Suhartono, pihaknya berkeinginan menjadikan Desa Rasau Jaya III sebagai satu di antara destinasi wisata yang menarik minat wisatawan lokal untuk datang. Saat ini sejumlah upaya dilakukan pemerintah desa melalui BUMDes setempat.

“Mulai dari penataan wilayah, termasuk pengadaan taman-taman bunga, ekspose kerajinan tangan khas seperti caping warna-warni, hingga pengadaan sarana bermain bebek engkol. Termasuk membenahi spot-spot bagus untuk wisatawan berswapoto,” kata Suhartono.

Baca juga  Ini Empat Faktor Prioritas Penanganan Covid-19 di 9 Provinsi

Kini desa Rasau Jaya III itu sudah mulai menanam tanaman bunga matahari yang tiga bulan lagi akan mekar serentak. Aneka caping dengan warna-warni dapat dipakai oleh wisatawan yang datang.

“Begitu pula nanti akan ada sarana penyeberangan. Saat ini kita juga sedang memfasilitasi pengadaan bebek engkol. Ini semua upaya agar wisatawan lokal bisa hadir, dan tumbuh di Kubu Raya,” harap Suhartono.

Sektor pariwisata yang dikelola BUMDes Rasau Jaya III diharapkan juga dapat berkontribusi bagi desa dan kesejahteraan masyarakat setempat. Pemerintah setempat berkomitmen melaksanakan arahan dari Bupati Kubu Raya Rusman Ali yang kerap mengingatkan dan mendorong aparatur pemerintah di daerahnya untuk bekerja kreatif, inovatif, dan inisiatif.

Baca juga  Hunian LP Kelas II B Ketapang Sudah Over Kapasitas

“Ini semua sudah dimulai. Kami mengapresiasi pimpinan BUMDes yang telah berupaya menjadikan Desa Rasau Jaya III sebagai desa wisata,” ujar Suhartono.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya, Suprapto mengapresiasi sejumlah perubahan visual yang mulai tampak di Desa Rasau Jaya III. Meski belum sempurna, Suprapto optimistis ke depan Desa Rasau Jaya III akan tampil sebagai ikon desa wisata di Kubu Raya dan mampu menjadi contoh bagi desa-desa lainnya.

“Saya bersyukur Desa Rasau Jaya III saat ini sudah dapat dipoles, dan dapat berbeda dengan desa lainnya. Kalau kita masuk ke sini, sudah terlihat ada pernak-pernik yang menyenangkan, indah, dan nyaman” ujar politisi Partai Golkar itu.

Pewarta : Rio / Humas Pemkab. Kubu Raya
Editor : Yulia Ramadhiyanti

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *